Ini 3 Penyebab Pingsan yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Ini 3 Penyebab Pingsan yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan keadaan di mana seseorang kehilangan kesadaran selama beberapa waktu, beberapa orang ada yang pingsan selama 1-2 menit, namun ada juga orang yang tidak sadarkan diri selama 30 menit. Hal ini biasanya disebabkan oleh otak yang kekurangan pasokan oksigen.

Selain itu, kondisi psikologis yang tidak stabil juga bisa menyebabkan seseorang pingsan. Nah ternyata, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat seseorang pingsan. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Kurang Asupan Makanan
Menurut penuturan seorang dokter umum dr. Fetti Rina, pingsan juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan makanan.

Pada dasarnya, tubuh manusia memerlukan tenaga dan bahan bakar yang dihasilkan oleh asupan makanan yang mencukupi. Bahkan, kurang asupan makanan juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti maag pada lambung. Untuk mengatasinya, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tepat pada waktunya makan.

Baca Juga: Praktik Pesugihan Terjadi di Madura, Begini Akhirnya

Tekanan Darah Rendah
Mungkin beberapa orang tidak memikirkan tekanan darah atau hipotensi kalau belum muncul gejalanya. Namun ternyata, kurangnya sirkulasi darah yang membawa oksigen menuju otak juga bisa menyebabkan seseorang jatuh pingsan.

Tekanan darah termasuk kategori rendah apabila kurang dari 90 mmHg pada sistolik atau 60 mmHg pada diastolik. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang mengandung garam, minum air putih yang banyak, dan hindari minum minuman beralkohol.

Penyakit Jantung
Penyakit jantung berarti menggambarkan berbagai penyakit yang memengaruhi otot jantung, katup jantung, arteri koroner, atau ritme jantung seseorang. Tiap-tiap organ ini memiliki peran penting dalam kesehatan jantung seseorang.

Biasanya, orang yang menderita penyakit jantung bisa tiba-tiba jatuh pingsan, baik itu karena serangan jantung atau henti jantung. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan memanggil bantuan medis.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.