Ini 3 Tips Mudah Atasi Peralatan Dapur Bahan Perak yang Susah Dibersihkan

  • Bagikan
Peralatan Dapur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi ibu rumah tangga yang dalam kesehariannya tidak lepas dari dapur tentunya aktivitas mencuci peralatan menjadi rutinitas setiap hari. Saat membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari baja atau keramik mungkin terbilang mudah. Tapi jika bahannya dari perak biasanya akan membuat sebagian wanita merasa sulit dan melelahkan.

Karena, proses pembersihannya berbeda dan harus dilakukan secara teratur. Jika tidak maka piring, sendok dan segala peralatan dapur yang mengandung bahan perak akan terlihat kusam dan tidak berkilau. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara yang tepat agar peralatan memasak Anda bersih dan tampak baru kembali. Berikut tiga caranya:

Baking Soda
Selain sebagai bahan pembuat kue dan roti, ternyata baking soda sangat ampuh untuk membersihkan peralatan dapur. Cukup dengan menaburkan baking soda di atas peralatan yang akan dibersihkan, lalu masukkan ke dalam wadah yang cukup besar dan tuangkan air mendidih hingga perak yang akan dibersihkan tersebut tenggelam.

Rendam selama lima menit dan bersihkan. Reaksi kimia dari baking soda akan membantu menghilangkan belerang dioksida yang berkembang pada peralatan yang berbahan perak atau aluminium.

Keringkan dengan Kain
Setelah Anda membersihkan peralatan dapur, Anda perlu mengeringkan sebelum menyimpannya. Keringkan dengan menggunakan kain berbahan katun yang lembut dan jangan menggunakan lap berbahan karet. Kain karet bisa menimbulkan korosi pada peralatan dapur Anda. Untuk bagian yang sulit dijangkau seperti alat pengocok kue, Anda bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkan dan mengeringkannya.

Penyimpanan yang Tepat
Untuk menjaga agar peralatan Anda tidak cepat kotor dan rusak, Anda bisa menyimpannya dalam wadah yang dilapisi dengan aluminium foil. Jangan menyimpan peralatan berbahan perak di sembarang tempat karena akan sangat mudah mentransfer bau dari benda-benda terdekat dan akan sangat sulit untuk membersihkannya. (liputan6.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.