Ini 4 Efek Positif Stres Bagi Kesehatan, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Efek Positif Stres Bagi Kesehatan, Benarkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa bisa jadi pemicu berbagai macam penyakit. Namun, ternyata stres juga dapat menyehatkan tubuh.

Perlu digaris bawahi, stres yang bermanfaat bagi tubuh di sini yaitu tidak mengalami stres kronis. Artinya, stres jangka pendek yang justru bermanfaat bagi tubuh Anda. Lantas, apa saja manfaatnya?.

Berikut empat efek positif stres bagi tubuh Anda:

Meningkatkan Kecerdasan secara Sementara
Tahukah Anda bahwa stres jangka pendek bisa meningkatkan kecerdasan, meski hanya dalam waktu yang singkat?. Hal ini didasarkan pada penelitian tahun 2013 yang menyimpulkan bahwa stres jangka pendek akan membuat ingatan meningkat.

Meningkatkan Perkembangan Anak-anak
Penelitian di tahun 2005 dari John Hopkins University menemukan, bahwa sejumlah tekanan atau stres yang dialami oleh wanita hamil bisa memberikan manfaat tinggi pada perkembangan motorik pada anak yang kelak dilahirkan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Stres akut memang menjadi musuh nomer satu dari sistem kekebalan tubuh, sebab bisa menekan pertahanan alami tubuh.

Namun stres jangka pendek memberikan manfaat yang berbeda. Penelitian dari Stanford School of Medicine menemukan, bahwa hormon yang keluar dari stres jangka pendek akan meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Melindungi dari Stres Oksidatif
Sebuah penelitian di tahun 2013 menyimpulkan, bahwa stres jangka pendek bisa melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif dan meningkatkan ketahanan psikobiologis tubuh manusia.

Jadi, jika masih berada dalam level rendah, stres ternyata memiliki dampak positif untuk tubuh. Oleh karena itu, kelola stres yang Anda rasakan sedini mungkin agar tidak menjadi stres akut dan merusak kesehatan tubuh. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.