Ini 4 Khasiat Rice Bran Oil Bagi Kecantikan Alami

Avatar of PortalMadura.com
Ini 4 Khasiat Rice Bran Oil Bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rice bran yang dikenal dengan nama lain bekatul atau dedak biasa digunakan sebagai bahan makanan ternak oleh orang Indonesia. Padahal ternyata, di negara-negara lain Asia sudah memanfaatkan bahan ini sebagai essential oil untuk perawatan kecantikan.

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan produk kecantikan dari bahan alami. Salah satunya yaitu essential oil dari rice bran. Caranya yaitu dengan mengekstrasi lapisan terluar (kulit ari) padi hingga mengeluarkan minyak. Minyak alami yang sering disebut sebagai worlds healthiest edible oil ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Penasaran?

Berikut ini penjelasannya:

Memiliki Kemampuan Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti, flek dan keriput pada kulit. Antioksidan merupakan kandungan yang efektif untuk mencegah efek buruk yang disebabkan oleh radikal bebas, baik dari sinar UV maupun polusi.

sendiri kaya akan kandungan anti-oksidan alami, yang terdiri dari tokoferol, tokotrienol, oryzanol, serta phytosterols yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan 10 kali lebih tinggi dari vitamin E. Kandungan oryzanol dalam rice bran oil juga bermanfaat untuk menghambat produksi pigmentasi melanin dengan menahan aktivitas enzim tirosinase yang bisa mencegah munculnya flek-flek hitam pada kulit wajah.

Menghaluskan dan Menjaga Elastisitas Kulit
Selain kandungan anti-oksidan yang tinggi, rice bran oil juga mengandung Vitamin E dan fatty acid (omega 3, 6 dan 9) yang memiliki manfaat untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Tidak hanya itu, rice bran oil juga mampu memperlambat proses munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus dan keriput.

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan protein, Vitamin E, Vitamin B, dan magnesium, yang berfungsi untuk menjaga elastisitas pada kulit wajah, kulitpun tetap kencang dan tidak mudah kendur. Selain itu, karena dapat menghambat proses pembentukan melanin berkat kandungan oryzanolnya, maka penggunaan rice bran oil dalam ritual kecantikan dapat mencegah warna kulit menjadi bertambah gelap.

Baca Juga: PPDB SD 2019, Disdik Sumenep Terapkan 2 Jalur

Mengontrol Produksi Sebum pada Wajah
Bagi pemilik kulit berminyak dan kombinasi penggunaan rice bran oil diklaim dapat menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Kandungan squalane yang ada pada rice bran oil dapat membantu mengontrol produksi sebum, sehingga Anda tetap bisa melembapkan kulit wajah tanpa takut kulit akan menjadi semakin berminyak. Rice bran oil juga dikenal memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap oleh kulit, karena itu minyak alami jenis ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak sekalipun.

Menjaga Kesehatan Rambut
Tidak hanya memiliki manfaat untuk merawat kecantikan kulit, rice bran oil juga dapat digunakan untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Karena minyak alami ini juga mengandung beragam lemak alami yang bermanfaat untuk perawatan rambut, seperti linoleic acids yang bisa membuat rambut menjadi halus dan lembut, omega 9 yang memilki manfaat untuk merangsang pertumbuhan dan menguatkan rambut, dan stearic acid yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai menambahkan rice bran oil dalam ritual perawatan kulit sehari-hari?

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.