Ini 4 Metode Baby Led Weaning yang Penting Bunda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 4 Metode Baby Led Weaning yang Penting Bunda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bayi yang sudah berumur 6 bulan, sebaiknya mulai di kenalkan pada makanan selain ASI atau susu formula. Ada beberapa yang bisa Anda lakukan pada baby dalam mengenalkan makanan. Salah satunya yaitu Baby Led Weaning (BLW).

Baby Led Weaning (BLW) merupakan salah satu metode pemberian MPASI. Dalam metode ini si kecil akan mendapat kesempatan untuk memegang dan menyuapkan sendiri makanannya. Makanan yang diberikan pun tidak berbentuk puree, melainkan dalam bentuk makanan padat.

Banyak yang setuju dan tidak pada penerapan metode ini. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan metode ini untuk sang buah hati, sebaiknya Anda perlu pahami dulu empat hal penting berikut ini:

Metode BLW Baru Bisa Diterapkan Saat Bayi Sudah Berusia 6 Bulan
Metode BLW baru bisa diterapkan saat bayi sudah berusia minimal 6 bulan. Pada usia ini, bayi sudah bisa dikenalkan dengan makanan padat. Selain itu, bayi juga harus sudah memiliki kemampuan duduk tegak dan memiliki kemampuan memegang makanannya dengan baik.

Makanan Tidak Dihaluskan dan Tidak Disuapkan
Dalam penerapan metode BLW, si kecil tidak akan disuapi. Kita sebagai orang tua hanya mencontohkan cara makan tapi tidak mengajarinya dengan menyuapkan makanan ke mulutnya. Makanan yang diberikan juga bukan yang dihaluskan atau yang berbentuk puree.

Tapi bukan berarti kita sembarangan memberinya makanan. Kita perlu tetap memilih jenis makanan yang sehat dan baik, memasak atau mengukusnya terlebih dahulu, lalu memotongnya agar mudah digenggam oleh si kecil. Dengan metode BLW, bayi memiliki kebebasan sendiri soal apa yang ingin dimakannya dan seberapa banyak makanan yang ingin ia habiskan. Namun, kita tetap perlu selalu mengawasinya. Jangan sampai kita meninggalkan si kecil makan sendiri ya.

Bayi Bisa Mengontrol Asupan Nutrisi yang Cukup untuk Tubuhnya Sendiri
Salah satu keuntungan dari metode BLW ini adalah melatih bayi untuk bisa mengontrol jumlah asupan nutrisi yang cukup untuk tubuhnya sendiri. Selain itu, bayi yang diperbolehkan memegang atau menyuap makanannya sendiri bisa lebih mudah untuk diikutsertakan dalam makan bersama sekeluarga dan lebih cepat menerima makanan yang sama yang dikonsumsi keluarga. Pemilihan jenis makanan yang diberikan pun harus yang memiliki kandungan dan nutrisi baik untuk tumbuh kembang .

Sebaiknya Berkonsultasi dengan Dokter Terlebih Dahulu
Sebelum menerapkan metode BLW pada si kecil, sebaiknya konsultasilah terlebih dahulu ke dokter. Cek kondisi anak, apakah dia memiliki alergi, kebutuhan khusus, atau masalah pencernaan tertentu. Selain itu, kita juga perlu tahu soal nutrisi dan jenis makanan apa saja yang tepat dan baik diberikan pada si kecil sesuai dengan tumbuh kembangnya. Diskusikan semua hal penting dengan dokter sebelum menerapkan metode BLW pada buah hati tercinta, ya moms.

Moms, Anda selalu punya pilihan soal memilih metode apa yang paling tepat untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Pastinya Anda memang perlu mencari banyak referensi dan berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu sebelum menerapkan metode tertentu.(vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.