Ini 5 Alasan Petang Hari Jadi Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Alasan Petang Hari Jadi Waktu yang Tepat untuk Makan Malam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian, orang menikmati umumnya sekitar pukul 7-8 malam. Padahal yang lebih baik untuk melakukan hal itu justru pada petang hari. Mengapa demikian?.

Menikmati makan malam pada petang hari diyakini bisa menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit. Karena tubuh memiliki kaitan yang cukup erat dengan siklus alam dan sinar matahari.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa petang hari menjadi waktu yang baik untuk makan malam. Berikut penjelasannya:

Mencegah Obesitas
Makan malam idealnya menjadi makan terakhir Anda dalam satu hari. Ketika hari menjelang malam, proses metabolisme tubuh akan menurun. Kalau makan malam terlalu larut, makanan tidak sempat diubah jadi energi dan malah menyebabkan penumpukan lemak.

Akibat terburuknya bisa menyebabkan obesitas. Sedangkan kalau jadwal makan malam digeser jadi petang hari, tubuh akan memiliki waktu yang cukup untuk memprosesnya dengan baik.

Mencegah Gangguan Pencernaan
Makan malam terlalu larut, Anda akan rentan mengalami masalah pencernaan seperti maag dan kembung. Hal ini karena jarak antara makan malam dan tidur malam terlalu mepet. Di saat Anda seharusnya tidur, sistem pencernaan dipaksa bekerja.

Kondisi ini jelas kurang baik. Sedangkan kalau makan malam di petang hari, makanan bakal bisa dicerna lebih dahulu dengan baik sebelum nanti tubuh Anda fokus untuk istirahat di malam hari.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Pencernaan yang buruk karena makan malam terlalu larut bisa menyebabkan efek negatif pada siklus tidur Anda. Belum lagi ketika berulang kali terbangun di malam hari karena perut yang sakit atau kebelet pipis, kualitas tidur pastinya terganggu. Kalau Anda sudah makan malam pada petang hari, tidur malam bisa lebih nyenyak nantinya.

Memulihkan Energi Tubuh
Menggeser jadwal makan malam pada petang hari memberi otak dan organ-organ dalam tubuh punya waktu yang cukup untuk memulihkan energi. Pada malam hari, tubuh akan lebih fokus untuk memperbaiki sel-sel tubuh karena sudah tidak “disibukkan” dengan sistem pencernaan atau pemecahan makanan.

Tubuh Jadi Lebih Segar Keesokan Harinya
Jam biologis tubuh pada dasarnya diprogram untuk mengikuti pola matahari terbit dan matahari terbenam. Saat kita mengizinkan sistem tubuh untuk bekerja sesuai dengan programnya tersebut, maka tubuh tidak akan gampang capek. Keesokan harinya pun jadi lebih segar dan berenergi.

Jadi gimana, ladies? Tertarik untuk menggeser jadwal makan malam Anda jadi petang hari? Yang jelas sesuaikan juga dengan kesibukan dan kebutuhan, ya. Semoga infonya bermanfaat. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.