Ini 5 Bahaya Kesehatan yang Akan Anda Alami Saat Gunakan Pakaian Tak Kering

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Bahaya Kesehatan yang Akan Anda Alami Saat Gunakan Pakaian Tak Kering
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu masalah yang sering terjadi di musim hujan yaitu cucian yang tidak cepat kering, sehingga menambah beban pekerjaan rumah. Sebenarnya hal itu bukanlah masalah jika menggunakan mesin pengering. Tapi bagaimana bagi yang tidak punya?.

Apalagi jika baju yang tidak kering itu harus dikenakan hari itu juga. Mau tidak mau harus tetap dipakai daripada tidak memakai baju. Namun, taukah Anda apa yang akan terjadi bila menggunakan baju yang belum kering sempurna?.

Nah, berikut ini beberapa masalah yang akan timbul jika Anda menggunakan baju yang belum kering:

Memakai Pakaian Sedikit Basah Bisa Menyebabkan Infeksi Kurap
Kurap adalah infeksi jamur yang mempengaruhi kulit dan kuku. Ini bukan cacing, tapi disebut demikian karena menyebabkan ruam dan merah gatal.

Kurap dapat menginfeksi kaki Anda, tangan, kuku kaki atau kuku jari tangan, dan kulit kepala. Ini juga menginfeksi pangkal paha, paha bagian dalam, dan bokong. Jamur penebar kurap ini hadir di lingkungan yang lembab, misalnya, pakaian basah atau lembab, shower umum, dan lantai kamar mandi. Jadi, Anda mungkin berisiko terkena infeksi kurap jika Anda mengenakan pakaian atau kaus kaki lembab.

Pakaian Sedikit Basah Bisa Memperburuk Eksim Anda
Eksim adalah penyakit kronis yang membuat kulit Anda merah dan sangat gatal. Anda mungkin merasa sulit menahan goresan tapi jika menggaruk, bisa menyebabkan komplikasi seperti infeksi bakteri. Ini adalah bagian dari kondisi hipersensitivitas yang disebut dermatitis atopik, yang mencakup alergi asma dan inhalansia.

Penelitian mengatakan bahwa kelembaban yang berlebihan, pakaian yang ketat, dan mencuci tangan dan berkeringat yang berlebihan dapat memperparah dermatitis atopik. So, pastikan pakaian selalu kering, ya!

Mengenakan Pakaian Lembab Bisa Sebabkan Jerawat di Tubuh
Jerawat adalah konsekuensi umum dari mengenakan pakaian basah. Memakai pakaian basah bisa meningkatkan risiko terkena jerawat di tubuh, apalagi jika pakaian Anda lembab akibat tidak kering sempurna.

Panas dan kelembaban menyebabkan Anda menghasilkan lebih banyak sebum (minyak), yang bisa mengakibatkan jerawat. Begitu juga pakaian oklusif yang menjebak kelembaban dan mendorong pertumbuhan bakteri.

Pakaian Basah Bisa Membuat Anda Terbakar Sinar Matahari
Pakaian melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (sinar UV) yang berbahaya dari sinar matahari. Tapi itu tergantung dari jenis pakaian yang Anda kenakan.

Jika Anda berada di luar di bawah sinar matahari, pertahanan terbaik melawan sengatan matahari adalah pakaian berwarna gelap dengan kain tenun ketat. Dan pakaian itu harus menutupi kulit sebanyak mungkin.

Pakaian yang basah memberi sedikit perlindungan UV. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia, pakaian yang terlalu diregangkan, basah, atau lembab bisa kehilangan beberapa sifat perlindungannya. Perlu Anda ketahui juga, sinar ultraviolet banyak berhubungan dengan kanker kulit, sehingga mengurangi paparan sinar UV dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Pakaian Dalam Dasah Meningkatkan Kesempatan Anda Untuk Mendapatkan Infeksi Jamur
Infeksi jamur juga dikenal sebagai kandidiasis yang bisa disebabkan oleh jamur yang disebut Candida albicans. Infeksi jamur biasanya terjadi di daerah kulit yang lembab termasuk mulut. Bila infeksi ini terjadi di Miss V, itu disebut kandidiasis vulvovaginal.

Candida sendiri tumbuh subur di daerah yang hangat dan lembab, celana dalam adalah tempat yang tepat untuk menyerang.

Infeksi jamur di kulit Mr P pada pria lebih sering terjadi daripada yang Anda pikirkan. Ini disebut kandidiasis urogenital atau sariawan pria. Jenis sariawan ini juga terjadi di zona kemaluan dan antara skrotum dan anus.

Jika pria mengabaikan pengobatan untuk kandidiasis ini, suatu kondisi yang disebut balanoposthitis dapat terjadi, yang ditandai dengan gatal dan terbakar hebat bersamaan dengan peradangan. Menunda pengobatan untuk kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang membutuhkan perawatan jangka panjang.

So, selalu pastikan pakaian yang Anda kenakan itu kering total, ya. Bukan lembab yang biasanya terbentuk karena pakaian sebelumnya kurang kering yang kemudian dipanaskan dengan setrikaan. Ingat, itu bahaya bagi kesehatan Anda. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.