Ini 5 Cara Jalankan Profesi Sebagai Freelancer Agar Anda Bekerja Secara Efektif

Profesi Freelancer
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu pekerjaan yang kini semakin diminati banyak orang yaitu freelancer atau pekerja lepas. Sebab, memiliki profesi sebagai freelancer tidak perlu menghabiskan waktu 8 jam di kantor setiap harinya. Kerjanya pun cukup fleksibel dan bisa dikerjakan di mana saja.

Namun, bukan berarti profesi ini begitu mudah untuk dijalankan. Ada banyak tantangan yang akan ditemukan para pekerja freelancer. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjalankan profesi yang satu ini perlu mengetahui beberapa cara jitu agar Anda bisa bekerja secara efektif.

Berikut lima cara menjalankan profesi sebagai freelancer:

Ketahui Situs Penyedia Lapangan Pekerjaan untuk Freelancer
Dengan semakin diakuinya tenaga freelancer, kini semakin bertebaran pula situs-situs yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk para tenaga lepas. Perlu diingat, satu situs saja menyediakan ribuan pekerjaan, jadi tidak perlu khawatir tidak dapat pekerjaan.

Personal Branding
Saat bergabung dengan salah satu situs, pengguna akan diajak untuk membuat profil. Fungsi profil ini sedikit-banyak sama dengan lembar Curriculum Vitae yang biasa dikirimkan untuk melamar kerja di sebuah perusahaan.

Pastikan profil tersebut memuat berbagai pengalaman kerja dan kemampuan yang dimiliki. Singkatnya, buatlah profil yang menjual dan meyakinkan klien.

Buat Resume yang Menarik
Perlakukan situs freelance seperti situs mencari jodoh. Pilih foto terbaik untuk dijadikan foto profil. Selain itu, isi pula bidang keahlian sebaik-baiknya dan sesuai dengan bidang yang benar-benar dikuasai. Yang setengah-setengah atau bahkan tidak dikuasai sebaiknya jangan disertakan.

Biasanya, klien malah ragu kalau profil seseorang terlalu ‘berwarna.’ Mereka cenderung memilih orang yang benar-benar tahu apa yang akan dikerjakannya.

Jangan Memaksakan Diri
Sebagai seorang freelancer, menyelesaikan suatu proyek sesuai dengan deadline merupakan aspek profesional yang diperhitungkan. Oleh karena itu, Anda perlu me-manage pekerjaan dengan baik.

Memaksakan diri untuk mengambil semua proyek yang ditawarkan adalah hal yang sebaiknya dihindari. Pasalnya, jika hasil tidak maksimal yang ada Anda akan mendapatkan reputasi yang buruk. Lebih baik berkata ‘tidak’, untuk hasil kerja yang memuaskan.

Update Website
Di dunia freelance, sarana seperti blog, website, media sosial adalah media yang tepat untuk pemasaran. Website yang menarik dan profesional bisa menjadi gerbang untuk menuju klien yang potensial.

Untuk itu, luangkan waktu untuk selalu mengupdate website yang dimiliki secara teratur. Hal ini mungkin membutuhkan banyak waktu, namun akan mendatangkan klien-klien.

Nah, itulah lima cara yang bisa diterapkan untuk menjadi seorang feelancer. Supaya Anda makin fokus saat bekerja, pastikan memilih tempat yang cozy untuk melahirkan karya-karya yang keren. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa dan beli paket internet agar kerjaan Anda makin lancar. (merdeka.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.