Ini 5 Cara Mudah Jalani Suka dan Duka Jadi Orang Tua Tunggal

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Cara Mudah Jalani Suka dan Duka Jadi Orang Tua Tunggal
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjadi single parent atau merupakan pilihan yang sulit, karena mempunyai tugas ganda menjadi ibu sekaligus ayah bagi anak.

Namun, menjadi orang tua tunggal tidak harus membuat kehidupan menjadi sulit. Butuh perjuangan serta pengorbanan yang lebih besar agar tugas mulia ini bisa diemban dengan penuh amanah hingga anak-anak mampu hidup mandiri.

Berikut beberapa tips supaya Anda mampu bertahan dalam kondisi single parent:

Kendalikan Emosi Anda
Tekanan hidup sebagai orangtua tunggal dapat menguras habis kesabaran Anda. Perilaku anak-anak yang bandel, tekanan pekerjaan yang harus diselesaikan tepat waktu dapat membuat emosi Anda menjadi tidak stabil.

Pahami selalu bahwa kebahagiaan anak-anak dan pertumbuhan emosi mereka sangat dipengaruhi oleh seberapa bahagia Anda menjalani kehidupan. Anak-anak sebenarnya melihat dan mampu merasakan apa yang sedang Anda alami.

Untuk itu, bangun keterbukaan komunikasi agar tercipta hubungan saling pengertian antara Anda dan juga anak-anak.

Kelola Keuangan Sebaik Mungkin
Sebagai orangtua tunggal menghadapi masalah keuangan kerap menjadi kendala utama. Tanpa dukungan finansial yang memadai kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga tidak akan terpenuhi dengan layak.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga, maka mau tidak mau Anda harus bekerja dengan keras. Anda juga harus bisa pandai-pandai mengatur keuangan agar kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga selalu tercukupi.

Jangan Berusaha Mengatasi Setiap Persoalan Seorang Diri
Meskipun Anda yakin mampu mengatasi setiap persoalan seorang diri, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain agar apa yang sedang Anda hadapi terasa lebih ringan.

Berusaha tegar dan menjadi pribadi tangguh adalah baik, tetapi sebagai manusia biasa Anda tetap memiliki keterbatasan dan sangat membutuhkan bantuan orang lain dalam kehidupan ini.

Dapatkan Dukungan Dari Komunitas Orang Tua Tunggal
Beban hidup yang dialami oleh orangtua tunggal kerap membuat seseorang merasa kesepian, sedih dan putus asa. Perasaan semacam ini jika dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan stres yang akhirnya berdampak buruk bagi kesehatan.
Oleh karenanya, berusahalah untuk memperoleh bantuan dengan bergabung dalam komunitas pendukung, sehingga Anda bisa saling menguatkan, berbagi keluh kesah dan saling memberi semangat antar-sesama orangtua tunggal.

Bentengi Diri Dengan Rasa Syukur
Berpikirlah positif dan bentengi diri dengan rasa syukur serta ikhlas untuk menjalani peran sebagai orangtua tunggal. Selalulah ingat kepada Tuhan dan perkuat kerohanian Anda.

Temukan hal-hal baru yang lebih bermanfaat agar kehidupan Anda dan seluruh anggota keluarga menjadi lebih baik dan juga penuh semangat.

Menjadi seorang single parent bukanlah aib bagi keluarga. Namun, menyandang status janda atau duda juga bukan perkara mudah. Akan ada saja orang-orang usil yang memiliki pikiran buruk terhadap Anda.

Menghadapi situasi semacam ini Anda hanya perlu bersikap sabar. Jangan pernah mudah terprovokasi oleh berita-berita miring berkaitan dengan status pernikahan Anda. Tetaplah fokus kepada keluarga dan biarkan masyarakat sekitar melihat kenyataan melalui perbuatan-perbuatan baik yang telah Anda lakukan.(kelurga.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.