Ini 5 Cara Sederhana untuk Kembalikan Keseimbangan Hormon dalam Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Cara Sederhana untuk Kembalikan Keseimbangan Hormon dalam Tubuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hormon memang memiliki peran penting untuk kinerja bagian dalam . Namun seiring bertambahnya usia, asupan berbahan kimia yang dikonsumsi, dan produk yang digunakan sehari-hari bisa mengganggu dalam tubuh seseorang.

Selain itu, mood swing dan ketidaksuburan, serta kadar hormon yang tidak sehat di dalam tubuh juga bisa meningkatkan risiko terjangkit penyakit serius hingga mandul. Oleh karena itu, seimbangnya hormon dalam tubuh sangatlah penting, kususnya bagi seorang wanita.

Berikut lima cara sederhana bagi wanita untuk mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh:

Hindari Stres
Solusi untuk mengatasi hal itu adalah sebaiknya selalu berpartisipasi untuk melakukan meditasi harian atau yoga. Selain itu, Anda juga harus melakukan istirahat yang cukup agar hormon menjadi stabil.

Hindari Kafein
Agar seimbang, lebih baik Anda mengurangi minum kopi yang berlebihan maksimal satu hari dua cangkir. Selain kopi, waspadai juga kandungan kafein dalam jenis makanan atau minuman lain yang berpotensi mengandung kafein.

Konsumsi Sayuran
Sayur memiliki manfaat sebagai penyeimbang hormon seseorang. Karenanya orang yang gemar makan sayuran tidak mudah stres dan menstruasi menjadi lebih teratur.

Adapun jenis sayuran yang dapat menyeimbangkan hormon adalah jenis sayuran hijau dan berwarna seperti bayam, wortel, tomat buncis dan lainnya.

Olahraga
Olahraga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kortisol. Selain itu, dengan melakukan olahraga teratur bermanfaat untuk memicu pelepasan bahan kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati.

Adapun jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menyeimbangkan hormon adalah berenang, yoga, berjalan santai, dan jogging. Semua jenis olahraga tersebut merupakan latihan relaksasi untuk merangsang fungsi hormon dan mengurangi stres.

Diet Sehat
Untuk diet sehat ini usahakan menghindari makanan yang dapat membahayakan bagi sistem indokrin. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan berserat seperti sayuran, ubi jalar, dan bluberi. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.