Ini 5 Keistimewaan Ayat Seribu Dinar yang Perlu Umat Muslim Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Keistimewaan Ayat Seribu Dinar yang Perlu Umat Muslim Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam Alquran terdapat banyak sekali ayat-ayat yang tentunya dengan keutamaannya masing-masing. Salah satu diantaranya yaitu yang terdapat di bagian akhir ayat 2 dan seluruh ayat 3 dalam surat At Thalaq. Dinamakan ayat seribu dinar yaitu karena khasiat ayatnya yang konon jika dibaca akan memudahkan dalam mencari rizki.

Arti dari ayat seribu dinar:
“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mencapai urusanNya, sesungguhnya Allah telah mengadakan bagi tiap-tiap sesuatu ketentuan.”

Dalam kitab Al Musnad disebutkan dari Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas, dari ayahnya, dari kakeknya, Abdullah bin Abbas, dia berkata:

“Rasulullah bersabda: “barang siapa banya beristighfar (memohon ampunan), maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi kelapangan, dan akan Dia karuniai rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

Hadits diatas sekaligus menjadi penguat tafsir ayat Seribu Dinar. Dari Imam Ahmad meriwayatkan dari Tsauban, dia berkata: “Rasulullah bersabda: “sesungguhnya seorang hamba akan diharamkan dari rizki karena dosa yang dilakukannnya, dan tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do'a, dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali kebaikan.” (H. R. An Nasa'i. Ibnu Majah)

Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Abbas bahwa dia memberitahunya, pada suatu hari dia pernah naik (membonceng) kendaraan dibelakanng Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda kepadanya: “jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, Niscaya engkau akan mendapatkanNya dihadapanmu. Jika engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Dan jika engkau memohon pertolongan, maka mohonlah pertolongan kepada Allah. Ketahuilah, jika umat ini bersatu untuk memberikan manfaat (kebaikan) kepadamu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan memberikan manfaat kepadamu melainkan dengan sesuatu yang ditetapkan Allah bagimu. Dan jika mereka bersatu untuk mencelakakanmu dengan sesuatu, niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu melainkan dengan apa yang ditetapkan Allah bagimu. Pena telah diangkat, dan telah kering pula (tinta) lembaran-lembaran ini.”

Dari beberapa penjelasan yang dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya, dapat disimpulkan bahwa ayat seribu dinar memiliki beberapa keutamaan yaitu :

Pentingnya Bertakwa Kepada Allah
Maksudnya bertakwa yaitu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Menjalankan perintah Allah juga harus dilandasi dengan hati ikhlas serta dilakukan sesuai syari'at Islam dengan aliran madzhab yang dianutnya pula. Melakukan ibadah sunnah seperti shalat fardhu juga termasuk dalam hal bertakwa karena melakukan hal yang disenangi oleh Allah. Sementara menjauhi laranganNya yaitu menjaga diri dari segala hal yang dilarang Allah. Menjaga diri ini juga terhadap sesuatu hal yang mendekati dosa. Termasuk menjauhkan diri dari barang maupun perbuatan haram.

Allah Memberikan Jalan keluar Bagi Setiap Permasalahan Bagi yang Bertakwa
Maksudnya yaitu bagi orang yang benar-benar bertakwa seperti dijelaskan diatas, Allah akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi. Jadi tingkatkanlah ketakwaan Anda niscaya setiap permasalahan dalam hidup Anda akan diberikan jalan keluar.

Hadits Nabi yang menguatkan ayat ini yaitu dengan banyak beristighfar. Istighfar dapat mengurangi dosa dan hal hal yang menghapus amal ibadah juga sebagai cara seseorang untuk bertaubat. Jika telah bertaubat, maka jalan selanjutnya yaitu takwa. Jika Anda telah mencapai takwa itu, maka akan Anda perolehlah yang dimaksud ayat ini.

Allah Memberikan Rizki Bagi Orang yang Bertakwa Melalui Jalan yang Tidak Disangka-sangka
Kata utama sekali lagi adalah Takwa. Maksud yang tidak disangka-sangka yaitu melalui jalan yang tidak terpikirkan sama sekali oleh orang yang bertakwa itu. Maka, permasalahan mengenai Rizki akan dituntaskan oleh Allah bagi orang-orang yang bertakwa itu sendiri. Dalam hidupnya tidak akan kekurangan Rizki karena Allah mencukupinya.

Dosa Menghalangi Rizki
Sebagaimana yang dijelaskan nabi dari hadits diatas. Secara logika, perbuatan dosa bukanlah perbuatan yang dilakukan orang yang bertakwa. Maka dari itu, sesuai hadits diatas, dosa dapat menghalangi Anda dari rizki.

Allah lah yang Menetapkan Segala Sesuatu
Sesuai dengan hadits diatas bahwa seseorang tidak akan sanggup mencelakakan Anda kecuali telah ditetapkan oleh Allah Anda akan dicelakakan orang. Ini sebagai bukti Bahwa Allah lah yang menetapkan segalanya. Termasuk rizki dan pertolongan untuk segala masalah yang kita hadapi. Maka, pesan nabi adalah untuk selalu menjaga ketakwaan Anda kepada Allah dengan kata “jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, Niscaya engkau akan mendapatkanNya dihadapanmu”.

Demikian beberapa keutamaan ayat seribu Dinar dan hikmah serta pelajaran yang dapat diambil. Perlu diingat bahwa rizki bukanlah sebatas tentang harta. Dijelaskan dalam tafsir Al Misbah karya M Quraisy Syihab bahwasanya rizki tidak hanya berbentuk materi, melainkan kepuasan hati juga kekayaan yang tidak pernah habis. M Quraisy Syihab juga menjelaskan tentang rizki pasif yaitu rizki berupa materi yang didapat sejumlah beberapa rupiah, tapi sebagian besarnya untuk biaya pengobatan. Beliau juga menegaskan bahwa Rizki bukan hanya melulu soal materi, tetapi juga Spiritual yang dijanjikan oleh Allah bagi orang-orang yang bertakwa.

Untuk itu, marilah tingkatkan ketakwaan kita untuk mendapat ridho Allah sehingga dibukalah jalan rizki Anda dan dimudahkanlah segala masalah yang Anda hadapi. Wallahu a'lam. (dalamislam.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.