Ini 5 Keutamaan Menjaga Tali Silaturahmi dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Keutamaan Menjaga Tali Silaturahmi dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia pasti tidak bisa hidup seorang diri, karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap manusia untuk menjalin silaturahmi yang baik dengan orang lain.

Silaturahmi bukanlah murni adat istiadat, namun ia merupakan bagian dari syariat. Silaturahmi secara bahasa berarti menghubungkan tali kekerabatan dan menyambungkan kasih sayang demi kebaikan.

Pentingnya silaturahmi juga dijelaskan dalam Alquran. Sebagaimana firman Allah: “Kalau kalian tidak mengerjakan apa yang Aku perintahkan itu (yaitu untuk berukhuwah, bersilaturahmi) tentu akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar,” (QS Al Anfaal ayat 63).

Bagi orang yang selalu menjaga , Allah akan memanjangkan umurnya. Selain itu, dengan bersilaturahmi Allah akan mempermudah rezeki seseorang. Bahkan, terdapat beberapa bagi orang yang selalu menjaga tali silaturahmi.

Berikut lima keutamaan yang akan didapatkan bagi orang yang selalu menjaga tali silaturahmi:

Dicintai Allah
Orang yang menjaga tali silaturahmi akan dicintai oleh Allah SWT. Dengan dicintai sang Maha Kuasa tentu dijamin kehidupan yang baik, dari lahir batin, dunia dan akhirat.

Seperti dalam hadis Abu Hurairah: “Sesungguhnya seorang lelaki pergi mengunjungi saudaranya yang tinggal di suatu negeri, maka Allah SWT mengirim malaikat untuk mengawalnya selama perjalanan. Setelah malaikat bertemu dengan orang tersebut malaikat tadi bertanya, “Mau ke mana kamu?”. Orang itu menjawab, “Aku mengunjungi saudaraku di suatu negeri”. Malaikat kembali bertanya, “Apakah kamu mengharapkan suatu nikmat darinya?”. Jawabnya, “Tidak. Aku tidak ada maksud selain mencintainya semata-mata karena Allah”. Dan malaikat berkata, “Aku adalah utusan Allah kepadamu. Memberi kabar kepadamu bahwa sesungguhnya Allah mencintaimu seperti cintamu kepada saudaramu”.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.