Ini 5 Manfaat Menakjubkan Lengkuas Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Manfaat Menakjubkan Lengkuas Bagi Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu tumbuhan sejenis umbi-umbian yang banyak digunakan sebagai bahan bumbu dapur. Jika lengkuas di campurkan ke dalam masakan, maka akan memberikan aroma yang khas dan lezat dalam setiap masakan yang dibuat. Selain itu, ternyata lengkuas juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Lengkuas bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk obat berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan di dalam lengkuas sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, serta bisa digunakan sebagai obat alternatif yang sangat manjur.

Berikut lima manfaat lengkuas bagi kesehatan Anda:

Kaya akan Gizi
Meskipun lengkuas sangat jarang atau bahkan tidak pernah di makan secara langsung, teryata lengkuas sangat kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi pencernaan.

Selain itu, lengkuas juga cukup kaya akan kandungan natrium, zat besi, vitamin A, vit C, flavonoid, emodin, fitonutrien, beta sitosterol, galangin dan quercetin.

Membantu Meredakan Mual
Lengkuas memiliki aroma yang cukup kuat, sehingga bisa meredakan mual yang sedang Anda derita. Misalnya, mual karena hamil, atau mual karena mabuk perjalanan, baik perjalanan darat, maupun laut.

Hal ini, karena lengkuas membantu untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan dalam perut dan membantu keluarnya angin dari dalam perut. Lengkuas juga dapat mengobati diare, karena sifatnya yang antibakteri dan juga anti-jamur.

Memperlancar Peredaran Darah
Membuat jus lengkuas mungkin saja terdengar absurd, namun taukah Anda bahwa jus lengkuas dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, kolesterol juga nantinya akan berkurang dan Anda dapat menjaga tubuh lebih baik, dikarenakan oksigen lebih banyak yang masuk ke tubuh.

Mengobati Luka Bakar dan Gatal Kulit
Jika Anda mempunyai masalah penyakit gatal pada kulit, maka lengkuas yang sudah dihancurkan, kemudian dibubuhkan ke bagian kulit yang gatal. Hal ini akan mempercepat penyembuhan serta menghentikan penyebaran kepada bagian kulit lainnya.

Jus lengkuas juga dapat diterapkan secara topikal untuk solusi pengobatan penyakit kulit. Karena, lengkuas mengandung 40 macam antioksidan yang berbeda-beda sehingga mampu membantu untuk melindungi kulit terhadap proses penuaan.

Bahkan, bisa juga menyembuhkan luka bakar pada kulit dengan menggunakan jus lengkuas. Caranya, dengan menerapkan 2-3 kali sehari. Hal ini, biasanya akan mempercepat proses penyembuhan.

Memperkuat Akar Rambut dan Menjaga Kesehatan Rambut
Apabila Anda minum segelas jus lengkuas, hal itu dapat menjaga kesehatan rambut Anda serta dapat melindungi akar rambut dari bahaya kerontokan. Hal ini, dikarenakan lengkuas dapat memperlancar peredaran darah, sehingga dapat mengalirkan nutrisi dan juga oksigen lebih baik ke kepala. (sehatmu.com/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.