Ini 5 Manfaat Sehat Jahe

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Manfaat Sehat Jahe
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu tanaman rempah yang biasanya dijadikan bumbu penambah cita rasa masakan atau minuman yaitu . Tanaman ini juga sering dijadikan bahan utama obat herbal, sehingga sangat populer di Indonesia karena memiliki beragam manfaat .

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (21/12/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari Health. Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan:

Meredakan Mual

“Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengatasi mual akibat perjalanan, kehamilan, bahkan kemoterapi,” kata salah satu pendiri Appetite for Health, Julie Upton, R.D seperti dikutip laman Health.

Sebuah penelitian di Thailand menunjukkan bahwa jahe bekerja dengan baik sama seperti dimenhydrinate, bahan aktif dalam obat mabuk perjalanan.

Baik untuk Pencernaan

Selain itu, jahe dapat membantu meringankan gas dan masalah pencernaan lainnya.

“Jahe terbukti meningkatkan pengosongan lambung, artinya makanan lebih cepat meninggalkan lambung untuk mengurangi kemungkinan gangguan pencernaan,” kata ahli nutrisi, Maya Feller.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut Feller, Jahe memiliki anti-inflamasi dan terbukti mengurangi nyeri otot serta mengurangi komplikasi dari diabetes.

“Jahe juga efektif dalam menurunkan kolesterol jahan dan mengurangi oksidasi sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Simpan Sabu di Kantong Baju, Oknum ASN Sampang Diringkus Polisi

Membantu Melawan Infeksi

Jus jahe dapat menjadi pilihan yang lebih baik ketika merasakan masuk angin karena senyawa aktif yang dikandungnya dapat membantu Anda melawan virus. Studi lab yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa jahe melawan virus pernapasan manusia yang merupakan penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

Minimalisasi Kram Menstruasi

Sebuah studi di Iran yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen, obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan.

Melawan Peradangan

“Jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan,” kata ahli nutrisi, Keri Gans.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat mengurangi kekakuan dan rasa sakit pada orang yang mengidap osteoartritis, kondisi di mana sendi-sendi terasa sakit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.