oleh

Ini 5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ketika Program Diet

PortalMadura.Com – Menjalankan program diet merupakan salah satu aktivitas kebanyakan kaum hawa untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Mereka rela melakukan berbagai hal ekstrem untuk mewujudkan impian tersebut. Mulai dari mengeluarkan banyak biaya, hingga mengorbankan kesehatan tubuhnya.

Bahkan, banyak dari mereka yang kekurangan sejumlah nutrisi esensial karena harus menghindari beberapa jenis makanan. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar diet bisa berjalan lancar tanpa harus mengorbankan kesehatan tubuh. Salah satunya dengan tidak lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Berikut ini lima nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari, seperti dikutip Okezone.com dari The Daily Meal:

Kalsium

Manfaat kalsium bagi kesehatan tubuh memang tidak bisa diragukan lagi. Semua orang tentu sudah tahu bahwa kalsium membantu menguatkan tulang di dalam tubuh. Namun selain itu, ternyata nutrisi ini juga ampuh memaksimalkan fungsi otot dan melancarkan aliran darah.

Maka dari itu, sangat penting mendapatkan asupan kalsium yang cukup, terutama bila Anda tengah melaksanakan program diet. Namun bila Anda alergi mengonsumsi produk dairy, kalsium bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti kacang almond, brokoli, dan jeruk.

Serat

Makanan yang mengandung serat juga tidak boleh luput dari menu diet. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa memperlancar pencernaan. Selain itu, nutrisi ini cenderung mudah didapatkan, termasuk bagi Anda yang menerapkan program diet vegetarian atau plant based. Serat bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Loading...

Baca Juga: Penting! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan untuk Diet

Zat Besi

Mereka yang menjalankan program diet kerap terserang anemia. Hal ini karena asupan zat besi ke dalam tubuh sangat kurang. Menurut penelitian, wanita memiliki risiko anemia 20% lebih tinggi dibandingkan pria.

Karena itu, bila Anda mulai merasakan gejala-gejala anemia seperti demam, dan lain sebagainya, segera konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Nutrisi ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, brokoli, ikan, tofu, kacang-kacangan, dan daging merah.

Magnesium

Magnesium biasanya terkandung dalam beberapa jenis makanan seperti sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau. Nutrisi yang satu ini bisa menjaga tekanan darah, detak jantung, dan memperkuat tulang. Tidak heran, jika magnesium sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

Potassium

Ketika ada seseorang yang bertanya, makanan apa yang paling banyak mengandung potassium?. Anda tinggal menjawab buah pisang. Nutrisi ini sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah usus buntu (penyakit yang paling sering dialami pelaku diet).

Namun selain buah pisang, potassium juga bisa ditemukan pada sejumlah bahan makanan seperti alpukat, yogurt, ubi, dan beberapa jenis biji-bijian. Jadi, nutrisi ini sangat cocok bagi Anda yang lagi program diet. Perlu Anda ingat, bahwa tubuh membutuhkan asupan potassium sebanyak 4.700 milligram.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com

Komentar