4 SD di Sumenep Diproyeksikan Jadi Sekolah Rujukan Provinsi

Avatar of PortalMadura.com
4 SD di Sumenep Diproyeksikan Jadi Sekolah Rujukan Provinsi
Acara pendampingan sekolah rujukan I Provinsi Jawa Timur tahun 2019 (Foto: Ifa Yunita)

PortalMadura.Com, – Pemerintah terus meningkatkan mutu pendidikan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan program sekolah rujukan yang dicanangkan Pemprov Jatim. Dalam hal ini, ikut andil dan mendukung program tersebut.

Ada empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang menjadi sekolah rujukan (On Service) Provinsi Jatim tersebut, yakni SDN Pangarangan 1, SDN Lenteng Timur 1, SDN Pandian 1 dan SDN Kalianget Barat 1. Saat ini tim melakukan pendampingan terhadap sekolah-sekolah yang akan dijadikan sekolah rujukan itu.

itu dalam rangka peningkatan mutu. Untuk meningkatkan mutu pendidikan itu ada format sekolah rujukan dan sekolah model. Tujuan utamanya adalah peningkatan mutu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Bambang Irianto, Selasa (17/9/2019).

Menurut Bambang, sekolah rujukan Provinsi Jawa Timur ini akan berkembang ke sekolah lain, tidak hanya di empat sekolah itu. Sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah rujukan itu nantinya akan mampu menjadi pelopor dan contoh bagi sekolah lain.

“Selain sekolah rujukan provinsi, ada program sekolah rujukan nasional. Di Sumenep ada satu sekolah, yakni SDN Pangarangan 3 dan Dinas Pendidikan Sumenep juga menerapkan 21 sekolah rujukan,” paparnya.

Ia menegaskan, pada prinsipnya, ada empat komponen yang harus dilakukan untuk mengembangkan mutu pendidikan. Ke empat komponen tersebut di antaranya, melalui kebijakan, leadership atau kepemimpinan, infrastruktur dan pembelajaran. Itu menjadi dasar untuk pengembangan mutu pendidikan.

Baca Juga : Bangselok Merajut Asa Menuju Kelurahan Berseri Mandiri

“Pendidikan tidak akan bermutu kalau unsur-unsur itu tidak terpenuhi. Contohnya, jika dukungan infrastruktur sekolah tidak memadai maka sulit pendidikan di lembaga itu akan berkembang, begitu pula dengan sistem pembelajaran,” tuturnya.

Pihaknya berjanji akan terus berusaha untuk mengembangkan mutu pendidikan di Kota Keris ini. Salah satunya dengan kebijakan program digital school. Program ini merupakan terobosan baru di kabupaten ujung timur Pulau Garam Madura ini.

“Mari bersama-sama membangun Sumenep melalui peningkatan mutu pendidikan,” harapnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.