Ini 5 Penyebab Knalpot Motor Meledak-ledak

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Penyebab Knalpot Motor Meledak-ledak
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Letupan pada menandakan ada komponen yang bermasalah di dalam motor. Hal ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan berkendara diri sendiri dan orang lain.

Ternyata suara letupan pada knalpot motor disebabkan beberapa faktor. Oleh karena itu pemilik motor harus memeriksa dan mengetahui penyebabnya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut penjelasannya:

Tutup Choke yang Terbuka

Jika anda sering lupa menutup kembali choke yang sebelumnya telah dibuka, faktor ini menyebabkan aliran bensin yang masuk ke ruang bakar cukup banyak. Alhasil, proses pembakaran pun terjadi dengan tidak sempurna.

Dampaknya saat Anda menarik tuas gas akan menimbulkan bunyi seperti letupan seakan knalpot motor meledak. Jika sudah mengalami hal ini, perlahan performa motor akan menurun dan bahkan bisa mogok.

Busi Bermasalah

Faktor lainnya yaitu busi motor yang mengalami masalah. Busi sendiri bertugas untuk memantik api dalam proses pembakaran, jika busi tidak bekerja secara maksimal akhirnya dapat menimbulkan masalah.

Salah satunya yaitu knalpot motor meledak saat motor dikendarai. Penyebab ini karena busi tidak bekerja secara maksimal akibat sudah berkerak atau kotor. Selain itu bisa juga disebabkan masa pakai busi yang sudah habis, sehingga kinerjanya tidak lagi maksimal.

Saluran Udara yang Terkendala

Penyebab knalpot motor sering mengeluarkan suara ledakan bisa jadi diakibatkan saluran udara ke mesin yang terkendala. Soalnya udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, jika kapasitas udara yang masuk tidak sesuai tentu akan berpengaruh ke hasil pembakarannya.

Anda bisa mendeteksinya lewat suara ledakan yang terjadi saat RPM kendaraan rendah. Solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan membersihkan secara rutin bagian karburator dan sekitarnya.

Karburator Aus

Faktor selanjutnya bisa terjadi akibat karburator yang sudah aus. Hal ini dapat dipengaruhi oleh kemampuan buka tutup klep pada bagian karburator yang berbahan karet.

Karena terbuat dari karet, komponen ini dapat mengeras jika terlalu lama bersentuhan dengan bahan bakar. Perlahan karet akan menjadi aus dan tidak bisa digunakan. Solusinya anda bisa menggantinya dengan yang baru dan tersedia pada sejumlah toko.

Knalpot Motor Bocor

Hal terakhir yang menjadi pemicu knalpot motor meledak yaitu knalpot yang sudah bocor. Ketika masih mengeluarkan suara ledakan dari knalpot dan saat dicek memang bocor, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan lem besi atau ditambal dengan plastic steel maupun seal tape aluminium.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.