Ini 5 Perangkat Elektronik yang Bisa Buat Tagihan Listrik Makin Bengkak

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Perangkat Elektronik yang Bisa Buat Tagihan Listrik Makin Bengkak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Adanya listrik di rumah memudahkan masyarakat untuk menggunakan berbagai peralatan elektronik. Akan tetapi, terkadang seseorang terlena dengan pemakaiannya, sehingga membuat membengkak.

Karena, semakin banyak pemakaian maka akan semakin tinggi pembayaran listriknya. Jadi agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya Anda perlu mengetahui alat elektronik apa saja yang membuat tagihan bengkak.

Lantas, bagaimana cara mensiasatinya?. Simak penjelasan berikut ini:

Lampu Rumah
Walaupun terkesan sepele, penggunaan lampu rumah dengan watt rendah sekalipun bisa membuat tagihan membukit. Apalagi lampu yang digunakan cukup banyak untuk menerangi sudut rumah. Solusinya, pilih lampu berjenis LED (Light Emitting Diode) dengan daya (watt) lebih kecil dari lampu rumah konvensional.

Setrika
Penggunaan setrika sering-sering bisa membuat tagihan bengkak. Setrika mebutuhkan daya rata-rata 300 watt tiap sekali pemakaian. Hindari menyetrika terlalu sering, siasati dengan menyetrika dalam jumlah besar namun dengan intensitas jarang sehingga tagihan listrik bisa terjaga.

Microwave
Penggunaan microwave memang sangat praktis, bahkan seringkali membuat Anda malas menggunakan kompor. Intensitas penggunaan microwave jelas membuat tagihan bengkak, pasalnya microwave membutuhkan daya 800 watt ke atas tiap penggunaan. Kalau tidak terlalu darurat aktivitas di dapur seperti menghangatkan makanan gunakan saja kompor gas.

Mesin Pompa Air Elektrik
Penggunaan mesin air bisa menyedot daya listrik hingga 600 watt tiap sekali penggunaan. Apalagi, dalam pemakaiannya tanpa menggunakan tanki air. Tanki air berfungsi menampung air sementara sehingga mengurangi intensitas pompa air menyala dan meminimalisir tagihan.

Penyejuk Ruangan/Air Conditioner (AC)
Penggunaan penyejuk ruangan sudah menjadi hal umum, tapi perangkat elektronik satu ini juga terkenal membuat tagihan bengkak, apalagi bila penggunaannya sepanjang hari. Salah satu solusinya ialah dengan menyiasati penggunaan.

Misal, bila bepergian ke luar rumah segera matikan semua penyejuk ruangan atau suhu ruangan sesuai kebutuhan, jangan terlalu dingin ketika sedikit orang tapi juga jangan terlalu rendah ketika banyak orang di ruangan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.