Ini 5 Tanda awal yang Dirasakan Penderita Penyakit Kanker Paru-paru

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Tanda awal yang Dirasakan Penderita Penyakit Kanker Paru-paru
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyakit kanker merupakan pembunuh nomor satu di dunia dan salah satunya yaitu . Bahkan menurut data WHO atau organisasi kesehatan dunia, penyakit kanker menyebabkan 7,6 juta kematian di dunia.

Banyak gejala yang biasanya dirasakan penderita mulai awal. Hanya saja Anda kadang tidak menyadari hal itu. Mungkin yang banyak diketahui dari kanker paru-paru hanyalah batuk kronis yang terjadi selama berbulan-bulan. Padahal masih banyak gejala lain yang belum Anda ketahui. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Jari Bengkak
Jari tangan dan jari kaki yang bengkak, melebar di ujung, dan kuku yang melengkung sering terjadi pada pasien kanker paru dengan osteoarthropathy paru hipertrofik (HPOA).

Leher dan Wajah Bengkak
Bengkak di leher dan wajah yang terjadi secara misterius bisa jadi pertanda kanker paru-paru. Sebabnya tumor akan menekan pembuluh darah yang mengantarkan darah dari jantung ke kepala.

Nyeri Tulang
Menurut American Cancer Society, rasa sakit di punggung atau pinggul juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Hal ini akan terjadi ketika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Kelelahan
Ketika Anda sering merasa lelah tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu adalah tanda dari kanker paru-paru. Hal ini terjadi ketika zat kimia yang dilepaskan sel kanker ke dalam darah yang kemudian mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.

Tingginya kadar kalsium
Jika Anda melakukan tes kesehatan dan mendapati bahwa kadar kalsium tubuh Anda tinggi, waspadalah. Sebab beberapa bentuk kanker paru-paru bisa membuat kadar kalsium naik. Terlalu banyak kalsium dalam darah akan membuat Anda mengantuk. Dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan koma dan bahkan kematian. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.