Ini 5 Trik Dasar Instagram yang Perlu Pengguna Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Trik Dasar Instagram yang Perlu Pengguna Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini telah menjadi salah satu media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Aplikasi photo-editing dan photo-sharing ini telah mendapat respon baik dari para penggunanya.

Sayangnya, masih banyak pengguna Instagram belum mengetahui sejumlah fungsi pada media sosial ini, yang mungkin akan berguna untuk mereka. Ada beberapa trik dasar pada media sosial Instagram yang perlu pengguna ketahui. Yuk, simak berikut ini:

Kirim foto untuk Pengguna Tertentu
Jika Anda memiliki foto yang tidak ingin diunggah di feed, Anda dapat membaginya dengan sejumlah rekan di Instagram melalui Direct. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi foto ke hingga 15 pengguna lain, dan mereka dapat berkomentar pada foto tersebut layaknya foto di feed.

Namun, foto tersebut tidak akan muncul di pencarian dan dapat dihapus. Untuk menggunakan fitur ini, pilih Direct saat mengakses halaman “Share To” yang terdapat pada bagian atas, bersebelahan dengan “Followers“.

Kemudian, pilih penerima dengan mengetuk nama atau mengetik nama pada bagian “To“, lalu ketuk Send. Untuk melihat pesan, pengguna dapat mengakses ikon baki atau serupa pesawat kertas di kanan atas halaman.

Mengabaikan Pesan dari Pengguna Lain
Jika sering merasa terganggu dengan sejumlah unggahan foto pengguna lain yang muncul di feed, namun tidak dapat melakukan tindakan Unfollow atau Block, pengguna dapat mengabaikan mereka.

Untuk melakukan hal ini pada fitur Direct, pengguna dapat mengakses ikon baki atau serupa pesawat kertas pada kanan atas halaman Home, dan tekan pesan dari pengguna lain tersebut dan pilih Mute Notification. Hal ini memungkinkan pengguna tidak akan terganggu oleh pemberitahuan saat pengguna lain tersebut mengirimkan pesan.

Sembunyikan atau Menghapus Tag Foto
Sejumlah pengguna lain yang mengikuti atau diikuti pengguna sering kali memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis mereka, dengan membubuhkan tag nama akun pengguna pada foto terkait, dan sering kali mengganggu.

Untuk menyembunyikan foto tersebut, ketuk foto yang dimaksud hingga tag muncul. Ketuk tag nama akun pengguna, dan geser tuas pada “Keep in Photos of You” ke arah kiri di menu yang muncul untuk menghilangkannya dari halaman Foto hasil tag pengguna lain.

Akan tetapi, jika tidak ingin nama akun tercantum pada foto tersebut, pengguna dapat memilih “Remove Tag” pada menu yang sama. Pengguna juga dapat mengelola tag dengan menyesuaikan seting yang memungkinkan pengguna mengkaji permintaan tag terlebih dahulu pada Setting di halaman Photos of You dan pilih Tagging Option dan Add Manually.

Menggunakan Filter Tanpa Mengunggah ke Instagram
Pengguna dapat menggunakan filter Instagram tanpa mengunggah foto dengan memanfaatkan mode Airplane pada ponsel. Setelah mengaktifkan mode Airplane, pengguna dapat membubuhkan filter seperti biasa, dan mengetuk Share.

Pengguna akan disambut oleh pesan bertuliskan “Failed” akibat tidak tersedianya koneksi internet, kemudian pilh opsi hapus. Foto kemudian akan tersimpan pada galeri pada ponsel sehingga dapat dibagikan di media sosial lainnya.

Bagi Foto setelah Diunggah
Pengguna masih dapat membagikan foto yang telah lama diunggah di Instagram dengan menekan ikon tiga titik pada foto yang diinginkan, kemudian pilih Share dan pilih situs yang menjadi tujuan pembagian foto. Jika memilih Twitter, URL foto akan muncul saat pengguna menuliskan tweet. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.