Ini 5 Trik Jitu Atasi Smartphone Android Yang Mati Total

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 5 Trik Jitu Atasi Smartphone Android Yang Mati Total
ilustrasi

PortalMadura.Com adalah gadget yang sangat digemari oleh semua orang, bahkan mereka tidak ingin terlepas dari gadgetnya. Namun, secanggih atau semahal apapun smartphone merupakan perangkat yang rentan mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ialah cacat produksi, kelalaian dari si pengguna, baik jatuh atau terkena air, ataupun memang sudah berumur.

Jika Anda mengalami smartphone yang tiba-tiba tidak mau menyala atau mati total, Anda tidak perlu khawatir. Belum tentu smartphone Anda rusak, terkadang Anda cuma harus melakukan beberapa trik tertentu untuk menghidupkan handphone kesayangan Anda.

Berikut lima trik mengatasi Android yang mati total:

Charge Smartphone Anda
Bisa karena bug atau saking banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, terkadang kita tidak sadar smartphone kita kehabisan daya. Apalagi jika sebelum tidur, baterai hanya tersisa 20%. Ketika Anda bangun, smartphone Android sudah mati dan tidak mau menyala ketika dihidupkan.

Coba lakukan pengisian daya, jangan langsung dinyalakan. Biarkan selama beberapa waktu, agar baterai ponsel terisi hingga sekitar 15-20 menit. Baru setelah itu tekan tombol Power untuk mencoba menyalakan kembali, jika tidak berhasil lanjut ketrik berikutnya.

Lepaskan Baterai
Terkadang masalahnya adalah sedikit serius daripada baterai lowbat, misalnya smartphone Anda terjebak dalam proses booting yang tiada henti atau karena bootloop.

Trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan melepas baterai. Untuk baterai yang menyatu dalam body, produsen biasanya menyediakan sebuah tombol khusus. Untuk secara paksa mematikan daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol Power agak lama (20-30 detik).

Dengan melakukan ini, Anda memotong satu-satunya sumber daya smartphone. Seharusnya, hal ini sudah dapat memecahkan masalah dan membuat smartphone Anda kembali proses booting dengan benar.

Layar Hitam
Smartphone tentunya sering kita kantongi di saku celana yang sempit atau dibawa tidur. Kita tidak tahu, ketika tidur mungkin ponsel tertekan oleh badan kita.

Jika ketika bangun Anda temukan smartphone Anda dalam keadaan mati atau brick, namun ketika ditekan tombol Power bergetar tapi layar hanya gelap. Artinya, smartphone Anda mungkin memang bermasalah pada layarnya dan harus dibawa ke service center. Nah, pastikan jika Anda tidur, letakkanlah ponsel di tempat yang aman. Hal ini juga untuk menghindari bahaya dampak buruk dari radiasi smartphone.

Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode
Jika smartphone Anda kadang nyala, kadang terjebak dalam booting ataupun nyala dan kemudian mati lagi. Mungkin masalahnya terletak pada perangkat lunak, hal ini bisa terjadi setelah Anda melakukan update Android ke versi baru atau menggunakan custom ROM dan melakukan beberapa tweak sistem.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus coba melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus semua data dalam ponsel dan kembali layaknya baru. Pastikan Anda sudah melakukan back up data-data penting. Metode ini harus dilakukan jika memang smartphone sudah tidak stabil.

Untuk melakukannya, pertama Anda harus mematikan ponsel dan menyalakannya kembali dengan kombinasi tombol volume atas + volume bawah + tombol power. Kombinasi tombol bervariasi, tergantung dari tipe smartphone dan produsen pembuat perangkat.

Setelah Anda berada dalam recovery mode, navigasi biasanya menggunakan tombol volume dan carilah pilihan Factory Reset. Setelah kamu menemukan opsi tersebut, gunakan tombol Power untuk eksekusi.

Mungkin Memang Rusak
Jika trik-trik di atas tidak dapat membuat smartphone Anda kembali normal atau mungkin masih tidak menyala, bisa saja hardware smartphone Anda yang bermasalah atau rusak.

Segera bawa smartphone Anda ke service center untuk memperbaiki smartphone tersebut. Namun jika tidak dapat hidup kembali, membeli smartphone baru merupakan langkah terakhirnya. (jalantikus.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.