oleh

Mengalir Deras, Sumber ‘Potre Koning’ Payudan Daleman Layak Jadi Wisata Air

PortalMadura.Com, Sumenep – Sumber ‘Potre Koning’ di Desa Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur layak dijadikan wisata air.

Airnya mengalir deras dari bukit Gua Payudan. Sumber air ini tetap mengalir deras meski musim kemarau tiba. Selama ini, hanya dijadikan pemandian warga setempat dan untuk konsumsi sehari-hari.

Selebihnya, untuk mengairi ribuan hektar lahan pertanian di desa tersebut. Bahkan, empat (4) desa tetangga memanfaatkan air itu untuk pertanian diwaktu musim kemarau.

Salah seorang warga setempat, Sandy Tyas Mulyadi mengungkapkan, aliran airnya yang deras dan jernih dari bukit gua Payudan dan tak pernah kiring pada musim kemarau membuktikan jika sumbernya sangat besar.

“Anehnya, kalau musim kemarau justru aliran airnya lebih besar lagi dibanding musim penghujan,” katanya pada PortalMadura.Com, Minggu (29/5/2016).

Menurutnya, jika ada pembangunan dari pemerintah dan didesain menjadi pemandian untuk wisata air sangat cocok dan bagus serta akan didukung oleh warga sekitar.

“Saat ini lagi trend dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk berwisata. Salah satunya ke kolam renang. Kalau ini dibangun justru akan lebih bagus dari kolam renang yang sudah dikomersilkan. Karena airnya dari bukit Gua Payudan,” ujarnya.

Daya tarik lainnya, sambungnya, lokasinya berada di bukit Gua Payudan. Jadi, sebelum naik ke gua, para wisatawan akan melewati sumber tersebut.

Ia pun berharap, pada pemerintah daerah agar dijadikan bahan kajian untuk membuka wisata baru yang akan berdampak positif pada perekonomian warga sekitar dan PAD Sumenep.

Untuk sampai ke lokasi tersebut tidaklah sulit. Kondisi jalan sudah bagus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Yakni, lewat Kecamatan Ganding ke arah barat. Selama perjalanan akan melintasi bukit yang cukup indah.

Lalu, cari jurusan ke Desa Payudan Dalemen atau menuju Gua Payudan. Masyarakat sudah sangat akrab dengan sumber tersebut, karena setiap hari dijadikan tempat pemandian warga sebelum beraktifitas.(Hartono)

Video :


Komentar