Ini 5 Trik Jitu Hemat Keuangan Lewat Medsos

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Trik Jitu Hemat Keuangan Lewat Medsos
ilustrasi

PortalMadura.Com (Medsos) sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain untuk alat komunikasi, medsos juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat keuangan.

Apalagi bagi Kidz zaman now, dibandingkan hanya mengunggah hal yang tidak penting, lebih baik mereka memanfaatkan semua akun media sosial yang dimilikinya untuk menghemat pengeluaran dan membantu mengatur keuangan.

Tentu hal ini sangat berdampak positif bagi Anda, selain Anda tidak perlu minta uang jajan pada orang tua, Anda juga bisa hidup mandiri. Lantas, apa saja cara menghemat pengeluaran lewat medsos?.

Berikut lima cara mudah menghemat keuangan dengan memanfaatkan medsos:

Bergabung dengan Grup Jual-beli di Facebook
Sangat banyak grup info jual-beli di Facebook. Gabung grup seperti ini jauh lebih berguna dibandingkan ikutan grup yang isinya orang-orang debat kusir. Dari grup itu Anda bisa tahu barang apa yang sedang dijual sekaligus harganya.

Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Misalnya, ikut grup jual-beli berdasarkan lokasi domisili. Bisa juga grup yang khusus tentang jual-beli barang tertentu, seperti barang second atau elektronik. Dengan begitu, Anda bisa langsung menghubungi orang yang menjual dan ajak ketemu untuk transaksi. Siapa tahu dapat harga murah untuk barang yang sedang dibutuhkan. Ayo cerdas pakai media sosial!

Follow atau Like Akun Merek dan Toko Online Favorit
Hampir semua merek dan toko online punya akun media sosial. Dengan follow atau like akun dan halaman mereka, Anda bisa selalu mengikuti apa saja promo yang sedang berlangsung. Salah satunya adalah info flash sale, hal ini supaya Anda tidak ketinggalan dari yang lain.

Beberapa di antaranya juga sering membuat kuis berhadiah dengan bonus voucher. Kalau Anda bisa menang, pastinya pengeluaran untuk beli produk mereka bisa lebih ringan.

Tanya Rekomendasi ke Teman Lewat Media Sosial
Kadang ada teman di media sosial yang unggah review suatu barang yang baru saja dibeli. Ada kemungkinan barang itu juga sedang Anda incar. Bila review itu kebetulan muncul di newsfeed, alangkah beruntungnya Anda bisa menghindari keluar uang percuma kalau ternyata barang yang tadinya Anda inginkan tidak bagus. Anda pun bisa sekalian tanya-tanya rekomendasi darinya, meski tidak selamanya review orang lain itu sama dengan pendapat Anda.

Cari Diskon atau Promo dengan Hashtag
Cara menghemat pengeluaran yang ini terutama bisa dilakukan di Twitter dan Instagram. Hashtag alias tagar sering disematkan ketika ada promosi barang tertentu. Bukan hanya toko atau merek besar, pelaku usaha kecil-menengah juga pakai trik promosi ini.

Jadi, Anda bisa lebih mudah mencari promo barang tertentu dengan menelusuri hashtag itu. Kuis berhadiah juga sering dibuat dengan hashtag untuk memudahkan pencarian.

Belajar DIY Lewat Pinterest
Dibanding Facebook, Twitter, atau Instagram, media sosial Pinterest sepertinya kurang akrab di telinga kebanyakan orang Indonesia. Media sosial ini mirip dengan Instagram, tapi isinya lebih banyak soal gagasan kreasi atau ide untuk membuat sesuatu.

Dari Pinterest, Anda bisa belajar DIY alias metode do-it-yourself untuk membuat segala sesuatu sendiri. Misalnya, ada yang membagikan cara membuat kerajinan tangan sendiri. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.