Ini 6 Tips Jitu Atasi Produksi Air Kencing yang Keseringan

Avatar of PortalMadura.Com
Ini 6 Tips Jitu Atasi Produksi Air Kencing yang Keseringan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Buang air kecil merupakan hal yang wajar dilakukan setiap hari bagi orang yang normal. Bahkan, sangat dianjurkan untuk buang air kecil dengan teratur agar tubuh tetap sehat. Akan tetapi, ada sebagian orang yang mengalami masalah dengan hal buang air kecil ini, misalnya saja tidak bisa mengontrol pipisnya.

Permasalahan ini tentu sangat menyulitkan, apalagi bagi Anda yang melakukan banyak aktivitas setiap hari. Hal ini, tentu Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Terlepas dari itu, pipis yang sulit dikontrol sebenarnya bisa Anda cegah sendiri.

Berikut enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keinginan pipis yang seringkali muncul tiba-tiba dan susah ditahan:

Perhatikan Asupan Air
Kurang asupan air memang bisa menyebabkan dehidrasi, namun jangan sampai Anda terlalu banyak minum air. Hal ini juga bisa menyusahkan diri Anda sendiri.

Bagi orang yang bermasalah dengan kandung kemih mereka minum enam sampai delapan gelas air sehari bisa menjadi masalah. Namun kurang air juga bisa menyebabkan masalah. Karena itu, sebaiknya perhatikan takaran air yang cukup untuk Anda. Tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit.

Hindari Alkohol
Alkohol memiliki efek langsung pada kandung kemih. Karena itu, hindari minuman ini. Alkohol memberikan efek negatif pada sinyal otak pada kandung kemih dan bisa membuat Anda lebih sulit mengontrol pipis.

Selain itu, alkohol juga termasuk minuman diuretik yang memicu keinginan untuk pipis lebih sering.

Kurangi Kafein
Kafein juga termasuk minuman diuretik yang bisa mempercepat pengeluaran cairan dari dalam tubuh dan membuat Anda lebih sering pipis. Kafein bisa terdapat pada berbagai jenis minuman seperti teh, cokelat, dan kopi.

Jika Anda memiliki masalah dengan kandung kemih, hindari minuman yang mengandung kafein.

Hindari Makanan Pedas
Kandung kemih yang terlalu aktif akan menjadi semakin aktif ketika terkena makanan pedas. Makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada kandung kemih seperti halnya kafein. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari makanan pedas.

Kurangi Makanan Asam
Makanan dan minuman yang asam seperti jeruk, nanas, dan lainnya akan mengganggu kandung kemih dan membuat Anda ingin lebih sering pipis. Tomat juga banyak mengandung asam.

Karena itu, sebaiknya hindari minuman dan makanan yang asam untuk mencegah pipis yang tidak terkontrol.

Minuman Bersoda
Meski minuman bersoda tidak mengandung kafein, namun bisa jadi buruk untuk Anda. Karbon dioksida pada minuman bersoda bisa mengiritasi kandung kemih yang sensitif dan membuat pipis tidak terkontrol. Karena itu, hindari juga minuman bersoda. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.