oleh

Ini 6 Trik Pilih Sunblock yang Cocok Bagi Kulit Anda

PortalMadura.Com – Saat ke pantai biasanya sebagian besar wanita tidak lupa untuk memakai sunblock. Selain untuk melindungi kulit dari sinar matahari, sunblock juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, penggunaan sunblock sebaiknya digunakan setiap hari sebagai lotion agar terhindar dari radiasi sinar ultraviolet.

Namun, banyak yang masih salah dalam memilih sunblock sehingga membuat kulit menjadi tidak bagus. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya Anda harus mengetahui enam tips dalam memilih sunblock yang tepat untuk kulit Anda. Penasaran apa saja?

Berikut penjelasannya:

Kenali Tingkat Proteksi
Masing-masing sunblock, memiliki tingkat proteksi yang berbeda. Tabir surya dengan SPF 15 dapat menyaring sekitar 93 persen sinar UVB, SPF 30 melindungi 97 persen, SPF 50 melindungi 98 persen, dan SPF 100 dapat melindungi hingga 99 persen. Semakin tinggi tingkat dari SPF, semakin tinggi juga tingkat proteksi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, yang harus Anda ketahui adalah tidak ada sunblock yang dapat melindungi kulit dari semua sinar UVB.

Perlindungan Sinar UVA dan UVB
Penggunaan tabir surya secara rutin dapat membantu mencegah kanker kulit dan penuaan kulit. Sinar UVA tidak begitu berbahaya, tidak akan menyebabkan luka bakar pada kulit. Untuk itu, Anda dapat memastikan sunblock yang Anda pilih dapat menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB. Biasanya dalam kemasan sunblock tertera “broad spectrum,” “multi-spectrum” atau “UVA/UVB protection”.

Loading...

Tekstur Sunblock
Tidak ada salahnya mencoba sedikit sunblock yang diinginkan sebelum Anda membelinya. Oleskan sedikit pada tangan, apakah tekstur dari sunblock meresap atau menyatu dengan kulit. Jangan sampai Anda memilih sunblock, yang meinggalkan noda putih. Selain itu juga, teksture tabir surya yang berminyak dan lengket juga tidak terlalu bagus.

Jenis Kulit
Bila Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat atau berminyak, gunakanlah sunblock yang lebih ringan. Tabir surya berbentuk gel juga menjadi alternatif bagi kulit berminyak, karena formulasi gel lebih ringan dan bekerja dengan baik. Tabir surya yang memiliki kandungan zinc oksida dapat membantu pada kulit berjerawat. Jadi, ketahuilah dulu kondisi kulit Anda terlebih dahulu.

Tahan Air
Banyak macam tabir surya yang dapat Anda temukan di toko kosmetik. Terdapat juga sunblock yang tahan air, tentunya dapat melindungi kulit lebih maksimal. Kelebihan dari tabir surya yang tahan air adalah Anda tidak perlu khawatir dengan sinar matahari di saat Anda sedang berenang maupun berjemur. Sehingga, Anda tidak perlu berulang kali mengoleskan sunblock pada kulit Anda.

Tanggal Kedaluwarsa
Hal terakhir dan yang terpenting adalah memeriksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa sunblock yang ingin Anda beli. Jangan sampai menggunakan produk yang telah habis masa kedaluwarsanya, alih-alih memberikan manfaat malah merusak kulit Anda. (liputan6.com/Desy)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar