oleh

Ini 7 Cara Agar Kembali Semangat Saat Atlet Jagoan Kalah

PortalMadura.Com – Saat ini Asian Games 2018 tengah berlangsung di Indonesia, dan sudah menjadi kewajiban seluruh rakyat untuk mendukung dan menyukseskan acara ini. Tidak terkecuali mendukung para atlet yang bertanding disemua cabang olahraga.

Namun selama mendukung atlet bertanding, Anda sebagai suporter harus bisa menerima kekalahan dari atlet negara lain yang lebih tangguh. Kekecewaan pasti Anda rasakan saat jagoan Anda kalah. Lantas bagaimana caranya agar Anda tidak larut dalam kesedihan?

Berikut ini caranya:

Akui Perasaan Anda
Jika marah, kesal dan kecewa, sebaiknya memang diungkapkan, dilampiaskan, jangan dipendam. Akui bahwa perasaan itu memang ada di dalam hati dan mengeluarkan perasaan negatif akan membuat Anda lega.

Kendalikan Emosi
Anda harus tahu bahwa semua itu merupakan pertandingan, dan wajar jika ada menang dan kalah. Anda perlu mengendalikan emosi dan belajar menerima kekalahan atlet jagoan. Tidak perlu bertindak anarkis hingga menaruh kebencian mendalam terhadap lawan yang menang.

Ngobrol dengan Suporter Atlet yang Sama
Berbagai perasaan dengan para suporter yang sama-sama mendukung atlet jagoan juga bisa mengurangi rasa kecewa. Saling membesarkan hati masing-masing sehingga bisa menerima kekalahan dan percaya atlet akan berhasil di pertandingan lainnya.

Lampiaskan dengan Positif
Ada baiknya jika bisa melampiaskan perasaan dengan cara positif, entah itu dengan makan bersama teman atau mendinginkan kepala dengan menonton acara lucu. Kembalikan mood Anda agar tidak tenggelam dalam kekecewaan.

Alihkan Perhatian
Kekecewaan akan memudar jika Anda punya kegiatan lain yang lebih penting untuk dipikirkan atau diperhatikan. Jadi lakukan berbagai kegiatan yang bisa membuat Anda melepaskan kekecewaan tersebut.

Olahraga
Anda bisa melupakan dan meluapkan emosi dengan cara olahraga. Kegiatan fisik akan membakar energi di dalam tubuh sekaligus menjadi pelampiasan emosi sehingga bisa menjaga kestabilan emosional.

Tetap Optimis
Jangan berpikiran negatif, tetap optimis pada pencapaian atlet yang sudah melakukan usaha terbaik. Jika harus kecewa, atlet yang bertanding justru lebih kecewa dari Anda. Jadi, tetaplah optimis.

Otak memang memiliki sistem saraf yang bisa dipengaruhi hormon-hormon kebahagiaan dan kepuasan seperti dilepasnya hormon dopamin sehingga membuat Anda puas dan senang. Namun ada juga saraf khusus yang disebut mirror neurons yang berfungsi memberikan respon simpati, mampu menempatkan diri di posisi seseorang sehingga bisa memahami perasaan orang lain.

Jadi, jangan terlalu kecewa. Karena perjungan para atlet Indonesia dalam ajang Asian Games 2018 pasti sudah maksimal dan mengerahkan kemampuan terbaik mereka. Tetap dukung mereka ya! (vemale.com/Desy)

Komentar