oleh

Ini 8 Karakter Istri yang Bisa Tenangkan Hati Suami

 

PortalMadura.Com – Kehidupan rumah tangga, antara suami dengan istri harus mempunyai rasa saling pengertian dan saling memahami agar bisa mengurangi percik-percik permasalahan yang terjadi. Meskipun tidak menutup kemungkinan pasti ada masalah yang akan mereka hadapi.

Sebagai seorang istri, tentu selalu ingin memberikan yang terbaik pada pasangannya. Istri yang baik yaitu istri yang mampu memberikan ketenangan hati pada sang suami, sehingga kapanpun dan dimanapun suami berada, suami tidak khawatir terhadap kelakuan istri.

Sebagaimana Allah berfirman: “Maka wanita yang saleha, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)” (QS An-Nisaa : 34).

Sesungguhnya banyak karakter yang menandakan seorang istri mampu menenangkan hati suaminya. Berikut ini ulasannya:

Memiliki Sifat Qonaah (ikhlas menerima nafkah yang diberikan suami sehingga tidak banyak menuntut harta kepada suami)
Sebaiknya istri berusaha mengatur keuangan rumah tangga dengan sebaik-baiknya dan tidak bersikap boros, sehingga suami ridlo dengan pengaturan keuangan rumah tangga yang dilakukan oleh istri dan insya Allah kehidupan rumah tangga akan menjadi berkah.

Senantiasa Merendahkan Suara di Hadapan Suami (berkata lembut)
Allah memerintahkan para istri untuk merendahkan suara di depan suami. Senantiasa bertutur kata lembut juga mencermikan rasa hormat istri terhadap suami.

Keluar Rumah Hanya Dengan Izin Suami
Hal ini adalah sebagai bentuk pengakuan terhadap suami sebagai kepala rumah tangga dan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya curiga/salah paham.

Loading...

Memahami Etika Menerima Tamu, Terutama Tamu Laki-laki
Saat di rumah sedang sendirian dan ada tamu laki-laki yang bukan muhrim, sebaiknya istri menjaga sikap dengan cukup berbicara dengan tamu di teras seperlunya saja.

Lebih Suka Menetap di Rumah, dan Tidak Suka Sering Keluar Rumah
Seyogyanya seorang istri tidak sering pergi keluar rumah dengan tujuan yang tidak penting karena akan berpotensi mengabaikan urusan rumah tangga di rumah.

Berhias Hanya Untuk Suami
Saat ini banyak sekali kekeliruan dalam perilaku masyarakat, yaitu: wanita berhias hanya saat akan keluar dari rumah dan saat ada di rumah justru tampil selebor dengan daster usangnya. Sikap ini tidak benar. Istri sebaiknya senantiasa berhias di rumah sehingga menyenangkan hati suami. Saat akan bepergian, istri hendaknya memakai busana yang tidak mengundang fitnah.

Amanah (dapat dipercaya)
Istri hendaknya mampu bersikap amanah dalam segala hal, termasuk dalam mendidik anak dan mengelola keuangan, serta tidak menyebarkan rahasia keluarga kepada pihak luar.

Istri memiliki komunitas positif
Jika ingin menilai baik atau buruknya kepribadian seseorang, cara yang termudah adalah dengan melihat siapakah yang temannya. Karena itu, hendaknya istri hanya berteman akrab dengan orang-orang yang shalehah dan memiliki komunitas/kegiatan yang positif, misalnya mengikuti kelas tahsin/tahfiz, dll yang telah disetujui oleh suami. (ummi-online.com/Desy)


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE