Ini Alasan BAB di Pagi Hari Adalah Waktu Terbaik

Avatar of PortalMadura.com
Ini Alasan BAB di Pagi Hari Adalah Waktu Terbaik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Keinginan untuk Buang Air Besar (BAB) di pagi hari tentu tidak semua orang bisa rutin melakukannya. Padahal menurut ilmuan, pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memenuhi ‘panggilan alam’ tersebut.

Sebagaimana seorang pakar kesehatan, Kenneth Koch, menegaskan hal itu. Menurutnya, waktu terbaik untuk BAB adalah pagi hari, tepat setelah bangun tidur.

Alasannya tidak lain adalah usus kecil dan usus besar memproses seluruh makanan sepanjang malam, yang disantap sebelum tidur. Saat terbangun, tubuh sudah siap untuk membuang sisa-sisa metabolisme di tubuh.

Namun tenang saja, Anda tidak perlu panik kalau memang tidak terbiasa melakukannya pada pagi hari. Yang paling penting dari aktivitas BAB adalah rutinitas, yakni melakukannya secara teratur pada waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga: Manusia Kerap BAB pada Pagi Hari, Normalkah?

Apalagi, rutinitas BAB penting karena kebiasaan menunda bisa berakibat tidak hanya rasa tidak nyaman di perut. Kecenderungan untuk mengalami konstipasi atau sembelit juga meningkat bila sering mengabaikan dorongan tersebut. Jadi, sudah BAB apa belum pagi ini?.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.