Ini Bahaya Nyalakan Lampu Saat Tidur Malam

Avatar of PortalMadura.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang merasa takut dan tidak nyaman jika harus mematikan lampu dan keadaan ruangan menjadi gelap total.

Namun, tahukah Anda? Bahwa tidur malam dengan  kondisi ruangan yang gelap total dapat memberikan efek kesehatan yang bagus pada tubuh.

Lalu tidur malam dengan lampu menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius.

Beberapa orang yang memilih untuk tetap menyalakan lampu ketika tidur malam mungkin tidak mengetahuinya, tetapi tidur malam dengan keadaan lampu yang menyala dapat meningkatkan resiko terkena gangguan kesehatan yang cukup serius seperti kanker, kardiovaskular dan gangguan sistem metabolisme.

Pentingnya tidur malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Peneliti menemukan ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka bisa menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker.

Sedangkan tidur malam dalam kamar yang gelap benar-benar bermanfaat buat tubuh.

Ahli biologi Joan Robert mengatakan tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.

Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan. (Berbagai sumber/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.