Ini Cara Efektif Bangun Rasa Percaya Diri pada Anak Menurut Psikolog

Avatar of PortalMadura.com
Ini Cara Efektif Bangun Rasa Percaya Diri pada Anak Menurut Psikolog
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Membangun rasa percaya diri pada anak sejak dini merupakan tanggungjawab orang tua agar mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanamkan nilai-nilai positif pada diri si kecil. Dengan begitu anak akan mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, saat mengajarkan anak tentang segala sesuatu tentu harus diikuti dengan perilaku orang tua. Karena biasanya si kecil cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang yang lebih dewasa. Jadi, Anda perlu hati-hati, sebab bukan tidak mungkin si kecil akan mengikuti gaya Anda.

Sebagaimana disampaikan oleh Psikolog anak, Elizabeth Santosa, menjelaskan bahwa untuk membantu membangun rasa percaya diri pada anak adalah dimulai dari diri orang tua itu sendiri. Salah satu contohnya adalah berinteraksi dengan orang lain. Bagaimana pun anak pasti akan meniru apa yang orang tuanya lakukan.

“Children see, children do. Jadi orang tuanya itu berperilaku apa pasti anaknya ikut. Kalau anak dibuat percaya diri berarti dia harus lebih berani kan, berarti orang tuanya juga harus berani. Contoh yang bisa kita lakukan adalah kalau kita di tempat main, ada anak kecil, nah kita tanya ‘hai adik…’, jadi anak kita ngikut. Terus mama-mama itu bisa sempetin waktu lah untuk bisa aktif sama mama-mama lain”, tutur Lizzie, panggilan akrabnya.

Menurut Lizzie, kontak emosional dan fisik dengan orang lain dilakukan ini supaya orang tua dan anak bisa saling dekat dengan satu sama lain, kemudian orang tua pun tentunya bisa memonitor si buah hati. Biasanya, orang tua yang serba berani melakukan sesuatu, berani berpendapat atau mengambil risiko, kemungkinan anak akan seperti itu pula.

“Mama yang pede biasanya jarang anaknya nggak pede. Pasti pede juga. Kecuali memang karakternya sudah pemalu dari awal. Tapi saya rasa semua itu bisa dilatih,” pungkas Lizzie. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.