Ini Dia 4 Resep Perawatan Wajah Berbahan Asam yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Asam Untuk Asam Kecantikan
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Asam merupakan salah satu buah yang memiliki rasa kecut yang khas. Buah yang satu ini ternyata tidak hanya baik untuk melezatkan masakan, namun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, sehingga bisa menjadikan wajah cantik alami.

Asam yang direkomendasikan untuk dijadikan bahan perawatan wajah adalah asam yang dari india. Caranya, terapkan salah satu ramuan asam setidaknya satu kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang nyata.

Berikut ini beberapa resep perawatan wajah yang berbahan dasar asam:

Masker Pencerah Wajah

Bahan:

2 Buah asam jawa secukupnya
Air panas
Kunyit bubuk secukupnya

Cara membuatnya, rendam daging buah asam jawa di dalam air panas selama 15 menit. Saring dan ambil sarinya kira-kira 1 sendok makan. Tambahkan sedikit bubuk kunyit dan aduk hingga menjadi pasta kental.

Setelah itu, oleskan masker pada wajah secara merata, kemudian diamkan hingga 15-20 menit. Lalu, bilas wajah dengan air dan tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering.

Scrub Wajah

Bahan:

2 Buah asam jawa secukupnya
Air panas
Yogurt
Garam kasar

Caranya, rendam daging buah asam jawa di dalam air panas selama 15 menit. Saring dan ambil sarinya kira-kira 1 sendok makan. Tambahkan yogurt dan sejumput garam kasar.

Baca Juga:  Atasi Bintik-bintik di Wajah dengan 6 Cara Ini

Gunakan campuran asam dan yogurt tadi untuk menggosok kulit wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Pijat dengan lembut untuk mengangkat kotoran dan kulit mati maksimal 10 menit. Utamakan bagian yang memiliki pori-pori lebar. Setelah itu, bersihkan kembali wajah dengan bilasan air hangat.

Masker Kulit Berjerawat

Bahan:

3-5 Buah asam jawa secukupnya
Air panas
Air jeruk nipis
Soda kue
Gula pasir

Cara membuatnya, rendam daging buah asam jawa di dalam air panas selama 15 menit. Saring dan ambil sarinya kira-kira 1 sendok makan. Campurkan dengan air jeruk nipis dan soda kue secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta kental. Setelah itu tambahkan sedikit gula pasir.

Kemudian, terapkan masker pada wajah, terutama di sekitar kulit yang berjerawat. Namun berhati-hatilah agar masker tidak mengenai jerawat yang ada. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Toner Wajah

Bahan:

1/4 kilogram buah asam jawa
Air secukupnya
Minyak esensial lavender

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Caranya, rebus asam jawa di dalam sepanci air selama 1 jam atau sampai air rebusan berwarna pekat. Dinginkan, kemudian saring airnya. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial pada air asam. Kemudian simpan di wadah steril yang memiliki tutup rapat. Simpan di dalam lemari es agar awet.

Toner ini bisa disimpan dan digunakan selama 1 minggu. Gunakan toner setiap hari pada wajah yang sudah dibersihkan, paling baik sebelum tidur.

Itulah beberapa resep masker, toner, dan scrub berbahan asam jawa yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Jika terdapat bahan yang membuat kulit Anda mudah alergi dalam resep di atas, gantilah dengan bahan lain yang lebih ramah untuk kulit Anda. (merdeka.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.