Ini Dia 5 Amalan Sunah Jumat Bagi Kaum Perempuan

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia 5 Amalan Sunah Jumat Bagi Kaum Perempuan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Jumat merupakan hari yang paling utama dari semua hari, karena merupakan hari yang penuh dengan barakah atau banyak memiliki manfaat bagi umat Islam yang melaksanakannya. Bukan hanya bagi kaum laki-laki tapi juga perempuan.

Bagi wanita yang memiliki impian dan belum kesampaian, cobalah banyak melakukan ibadah dihari itu. Karena hari jumat merupakan waktu mustajab untuk berdoa, kemungkinan besar jika Anda bersungguh-sungguh menjalankannya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Nah ladies, dibawah ini saya akan menguraikan beberapa keutamaan yang disyariatkan pada hari jumat. Semoga Anda bisa lebih bersemangat untuk melaksanakan amalan-amalan tersebut. Mari cermati penjelasannya di bawah dan praktekkan bersama.

Memperbanyak Bacaan Salawat
Perbanyaklah salawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena salawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”.

Membaca Surah Al Kahfi
Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya di kertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat”.

Memperbanyak Doa di Hari Jumat
Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta”. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut (HR Bukhari Muslim).

Memperbanyak Berzikir di Hari Jumat
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk salat pada hari jumat, maka bersegeralah mengingat Allah” (QS. Al Jumu’ah: 9).

Memotong Kuku dan Mencukur Bulu Ketiak
Syekh Muhammad bin Ismail Al-Muqaddam mengatakan, “Terdapat beberapa riwayat tentang tata cara memotong kuku. Memotong kuku ini bisa dilakukan di hari Kamis, Jumat, atau hari lainnya. Tidak terdapat dalil sahih yang memberikan batasan waktu memotong kuku dengan hari tertentu. Namun, umumnya ulama menganjurkan untuk melakukannya di hari Jumat. Mengingat, hari Jumat adalah hari raya mingguan. Demikian pula untuk memotong bagian tubuh yang kotor lainnya. Akan tetapi, tidak ada dalil yang mengkhususkan hal ini dengan waktu tertentu atau batasan tertentu. Karena itu, selama kuku ini layak untuk dipotong maka hendaknya seseorang memotongnya” (Sunan Al-Fitrah, 3:3).

Dari sahabat Anas Ra : “Kami memberi batas waktu dalam mencukur kumis, memotong, membersihkan bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan agar tidak ditinggalkan lebih dari batas waktu 40 malam” (HR. Muslim).

Artinya para sahabat dalam praktik membersihkan diri tadi tidak sampai mengakhirkan hingga batas akhir 40 hari, andaikan mereka mengakhirkan tidak pernah lewat hingga sampai masa 40 hari, bukan maksudnya membersihkannya diizinkan 40 hari sekali (tetapi setiap saat terlihat panjang meskipun belum sampai 40 hari sunah untuk di potong/dicukur), (AlMajmu’ Alaa Syarh Almuhadzzab I/287 ). (ummi-online.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.