Ini Dia 5 Fitur Keamanan Telegram yang Harus Dicoba

Avatar of PortalMadura.com
Ini-Dia-5-Fitur-Keamanan-Telegram-yang-Harus-Dicoba
nextren.grid.id

PortalMadura.Com merupakan aplikasi yang rilis pada tahun 2013. Aplikasi ini sudah tersedia di berbagai platform, seperti Android, iOS, dan juga desktop. Di dalamnya terdapat deretan fitur yang bisa mendukung pemakaian penggunanya.

Misalnya, mulai dari dukungan group chat hingga 200 ribu dan fitur channel, termasuk layanan yang bebas iklan dan gratis. Jadi, Telegram hampir sama dengan aplikasi lainnya. Tapi, selain fitur tersebut, keamanan juga menjadi salah satu fitur yang menonjol di Telegram.

Lantas, seperti apa fitur keamanan yang ditawarkan di aplikasi ini? Berikut ini daftarnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (26/7/2021) dari laman Liputan6.com.

Fitur Lock Chat

Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan akses Telegram di perangkatnya lebih aman, karena aplikasi dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir untuk orang lain dapat melihat isi pesan yang dikirimkan lewat aplikasi ini.

Untuk mengaktifkannya, pengguna tinggal membuka fitur Settings, pilih Privacy and Security, lalu Passcode and Touch ID. Setelah itu, pasang PIN atau Touch ID, lalu pengguna tinggal memilih durasi waktu kapan fitur ini akan aktif.

Kirim Pesan Rahasia dengan Secret Chat

Sesuai namanya, fitur Secret Chat menawarkan keamanan yang lebih baik bagi pengguna saat melakukan percakapan di Telegram. Sebab, fitur ini akan mengaktifkan end-to-end encryption, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat percakapan.

Penggguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik kontak orang yang akan dikirimkan pesan. Setelah itu, pilih Start Secret Chat pada ikon More.

Fitur Two-Step Verification

Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan diminta untuk selalu memasukkan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun lama. Password ini merupakan pelengkap fitur OTP (one-time password) saat pengguna masuk di perangkat baru.

Fitur ini akan sangat berguna untuk melindungi akun pengguna dari pencuri identitas yang berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

Mendukung Server Proxy

Telegram juga sudah mendukung server proxy. Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara menghubungkan akunnya ke server proxy khusus.

Secara garis besar, cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Fitur ini dapat aktif dengan membuka Settings, pilih Data and Storage, lalu Proxy Settings.

Hapus Pesan yang Salah Kirim

Telegram juga memungkinkan pengguna untuk membatalkan atau menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur ini jelas membantu pengguna untuk menghindari pesan yang salah kirim dan dapat diatur kapan pun.

Sebelumnya, Telegram akhirnya merilis fitur video call grup atau penggilan video grup di aplikasinya.

“Pembaruan hari ini memungkinkan kamu menghidupkan kamera atau membagikan layar selama Voice Chats dalam grup–di semua perangkat, termasuk tablet dan desktop,” kata Telegram sebagaimana dilansir Ubergizmo.

Telegram menambahkan fitur ini membawa obrolan suara ke tingkat yang sama sekali baru, siap untuk kelas online, pertemuan bisnis, dan pertemuan keluarga.

Saat ini fitur video call grup Telegram terbatas untuk 30 orang, dan ini dirasa cukup banyak untuk penggunaan reguler.

Ke depan, Telegram berencana akan memperluasnya fitur ini sehingga bisa menampung lebih banyak orang untuk melakukan video call grup.

Sebelumnya, Telegram mengumumkan bakal merilis fitur ini pada April 2021, dan tidak dijelaskan mengapa bisa mundur hingga Juni 2021.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.