Ini Dia 7 Resolusi Kesehatan di Tahun 2018 yang Bisa Anda Terapkan

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia 7 Resolusi Kesehatan di Tahun 2018 yang Bisa Anda Terapkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap tahun baru semua orang tentu memiliki harapan baru untuk memulai kehidupan yang lebih baik. Tahun baru memang identik dengan resolusi baru. Namun, pernahkah mereka punya resolusi khusus di bidang kesehatan?.

Memiliki resolusi kesehatan di tahun yang baru sebenarnya sangatlah penting. Pasalnya, tahun baru bukan hanya sekadar bermakna pergantian tahun. Akan tetapi, juga bermakna bahwa Anda semakin tua, begitu pula dengan organ-organ di dalam tubuh Anda.

Sehingga, bila Anda tidak memiliki resolusi khusus untuk menjaga kesehatan tubuh, maka bukan tidak mungkin di tahun-tahun berikutnya Anda akan mengalami sakit sehingga tidak memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Parahnya lagi, semua kerja keras dan kesuksesan belum tentu bisa Anda nikmati di tahun-tahun mendatang jika Anda tidak memerhatikan pentingnya mengubah gaya hidup.

Berikut tujuh resolusi kesehatan di tahun 2018 yang bisa Anda terapkan:

Batasi Konsumsi Gula
Konsumsi makanan yang terlalu manis dapat menyebabkan masalah kesehatan, yakni diabetes. Penyakit yang menyerang orang tua maupun anak muda ini belum dapat disembuhkan.

Karena itu, pencegahan merupakan satu-satunya cara terhindar dari diabetes, yaitu dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula.

Jadwalkan Liburan
Mengistirahatkan diri dari rutinitas sehari-hari yang memicu stres dan monoton dapat menyegarkan sel otak dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jadi mulai tetapkan destinasi liburan Anda di 2018 mulai dari sekarang ya!

Hentikan Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan
Anda tergolong perokok berat, pemabuk atau pecandu obat-obatan terlarang?. Jika ya, 2018 mungkin merupakan momen yang tepat untuk menghentikan semua kebiasaan buruk ini.

Seperti Anda tahu, merokok, mengonsumsi alkohol hingga menggunakan narkoba bisa mengganggu kesehatan bahkan sampai kematian. Jadikan hal meninggalkan kebiasaan buruk ini sebagai resolusi di tahun 2018.

Mengelola Stres
Stres adalah salah satu akar penyebab dari berbagai penyakit yang dialami manusia baik secara psikologis maupun fisik.

Tahun 2018 merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk mengelola stres, seperti menjadwalkan diri untuk meditasi secara teratur atau menjalani hobi yang membuat Anda bahagia.

Olahraga
Hal ini mungkin terdengar seperti resolusi tahun baru yang sangat klise, tapi olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk tetap fit dan mencegah berbagai penyakit.

Olahraga juga diketahui dapat mendorong produksi hormon serotonin, yakni hormon yang dapat mencegah Anda dari depresi dan menjaga suasana hati tetap bahagia. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat Anda mulai dari sekarang.

Perhatikan Pola Makan
Jika Anda merasa sulit untuk menghindar dari makanan tidak sehat di mall atau tempat kerja, maka mulailah membawa bekal di tahun 2018.

Pastikan bekal yang Anda bawa memenuhi aturan pola makan sehat, sehingga tubuh Anda pun terhindar dari masalah obesitas dan beragam penyakit lainnya.

Kurangi Penggunaan Ponsel
Di era seperti sekarang, sulit rasanya menjaga jarak dengan ponsel yang memiliki beragam fitur menarik seperti media sosial. Melalui ponsel pula Anda bisa terhubung dengan keluarga maupun teman-teman yang terpisah jarak ratusan kilometer.

Namun, jika berlebihan dalam menggunakan ponsel juga dapat mendatangkan efek buruk bagi kesehatan. Paparan radiasi dari ponsel dan notifikasinya dapat memicu stres yang berakibat buruk bagi kesehatan. Maka tidak ada salahnya Anda mulai mengurangi penggunaan ponsel pada 2018. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.