oleh

Ini Dia Bagian Kabin Mobil yang Sering Dipenuhi Debu

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penunjang hiburan di mobil yaitu speaker. Alat yang telah terhubung perangkat musik ini bisa melantunkan lagu penghibur. Dengan begitu, pengemudi tidak akan lagi merasa bosan selama dalam perjalanan.

Tapi meskipun begitu, masih banyak pemilik mobil yang kurang memerhatikan kebersihannya. Padahal, speaker mudah sekali terpapar debu. Jika dibiarkan, akan berdampak langsung pada fungsi dan kinerja perangkat. Bahkan, Speaker yang dipenuhi debu, tidak bisa menghasilkan suara jernih.

Mekanik Tunas Bengkel Daihatsu di kawasan Jakarta Timur, Puji Raharjo mengatakan, ada satu jenis speaker yang paling banyak dipenuhi debu.

Speaker biasanya terserang debu di bagian tweeter. Kalau yang tak berlapis jaring, debu akan menumpuk di satu sudut,” ungkapnya.

Loading...

Baca Juga : Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Anda Membeli Speaker Nirkabel

Bila ingin membersihkannya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Salah satunya, menggunakan penyedot debu ukuran kecil.

“Pakai vacuum cleaner yang kecil. Itu lebih aman ketimbang pakai kain lap. Soalnya, enggak ada kontak langsung dengan perantinya. Nah, untuk celah-celah yang susah dibersihkan, bisa pakai kuas halus. Usahakan proses penyapuan dilakukan perlahan,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan, pentingnya kehati-hatian saat membersihkan speaker, terutama bagian tweeter. “Kalau mau membersihkan bagian itu (tweeter), harus hati-hati. Karena, tweeter di dasbor biasanya mudah lepas. Kabel-kabel yang terhubung juga tipis, jadi rawan putus” ujarnya.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : viva.co.id
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar