Ini Dia Cara yang Benar Panaskan Motor Ketika Anda Buru-buru ke Kantor

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia Cara yang Benar Panaskan Motor Ketika Anda Buru-buru ke Kantor
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Para pekerja yang hidup di kota besar, hampir sebagian aktivitasnya dimulai sejak pagi hari. Dengan begitu, mereka otomatis harus bangun lebih awal agar tidak terlambat masuk kantor.

Tapi lalu lintas di kota umumnya tidak bisa dihindari. Jika sudah begitu, biasanya pengguna sepeda motor akan buru-buru memacu kendaraannya ke tempat kerja. Tidak jarang, mereka tidak sempat meluangkan waktu untuk memanaskan mesin.

Sejatinya, ritual memanaskan mesin sepeda motor tidak membutuhkan waktu lama. Saat mesin pertama kali dihidupkan di pagi hari, usahakan tidak langsung membuka tuas gas. Tunggu beberapa saat, antara satu sampai dua menit.

Apabila hal itu tidak memungkinkan, maka pengendara dapat langsung menjalankan motor tersebut. Namun, perlu diingat untuk tidak memacunya dengan kencang. Gunakan kecepatan rendah.

Hal ini berfungsi sama dengan memanaskan mesin, yang bertujuan agar oli bersirkulasi ke seluruh bagian mesin dengan sempurna. Pelumasan sangat penting, agar komponen mesin dapat bergerak lancar tanpa hambatan.

Baca Juga : Waspada, Ini Akibat Panaskan Motor Depan Tembok

Penggunaan starter elektrik juga tidak diharamkan, saat memanaskan mesin di pagi hari. Arus listrik yang digunakan, akan diisi kembali oleh alternator pada saat mesin dalam kondisi menyala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.