oleh

Ini dia Panduan Simulasi Tes CPNS Online 2014

PortalMadura.com– Tahun 2014 ini pelaksanaan seleksi Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) menggunakan sisitem online yang disebut  Computer Assisted Test (CAT).

Penggunakan CAT dalam selsi CPNS adalah hal yang baru bagi Indonesia, dan tentunya masih banyak calon pelamar yang belum terbiasa dalam penerapan sistem ini. oleh karean itu Kemenpan memberi kesmepatan bagi para CPNS unutk menggunakan simulasi  CAT CPNS online sejak tanggal 20 Agustus 2014 sampai 3 September 2014.

Bagi anda yang bingung bagaimana Simulasi Tes CPNS Online 2014 berikut ini panduan singkat yang dapat membantu anda.

Langkah pertama adalah menentukan website yang akan Anda akses untuk simulasi CAT Online CPNS 2014. Sebab selain website resmi Kemenpan terdapat sejumlah website lain yang juga telah bekerjasama dengan pemerintah sebagai media partner untuk menyediakan simulasi tersebut. Berikut adalah daftar website yang kami temukan untuk mengakses simulasi CAT CPNS online:

  • sc.menpan.go.id
  • simulasicat.menpan.go.id
  • simulasicat.liputan6.com
  • catcpns.jpnn.com
  • id.jobsdb.com
  • simulasicat.sindonews.com/online

Setelah anda memilih website yang akan anda jadikan lokasi simulasi CAT Online CPNS 2014 anda harus melakukan  registrasi. Dalam proses registrasi anda mebutuhkan informasi Nomor Identitas Penduduk (NIP) yang dapat anda temukan di Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebgai syarat registrasi. Selain itu pastikan email Anda aktif karena akan digunakan untuk pemulihan password.

Pada halaman utama cukup memilih tombol Daftar Gratis dan Anda akan di bawa ke halaman pengisian form. Pada halaman pengisian form, pastikan Anda membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku pada halaman tersebut. Setelah memahami syarat dan ketentuan silahkan isi form dengan data yang benar.

simulasi cat online tes cpns 2014
Masukkan Data yang diminta, untuk Registrasi Simulasi CAT CPNS Online 2014

Setelah berhasil registrasi Anda kan masuk ke halaman simulasi CAT online. Pada halaman ini akan berisi informasi Anda seperti nomor ujian, hasil simulasi terbaik, dan riwayat lima simulasi terakhir. Selain itu Anda juga bisa melihat profil dan riwayat simulasi melalui menu yang berada di samping. Untuk memulai simulasi cukup meng klik tombol Mulai Cat dan akan dibawa ke halaman login simulasi CAT CPNS online.

simulasi cat online tes cpns 2014

Pada halaman tersebut Anda diwajibkan memasukan nomor NIK dan nomor ujian pada form, kemudian klik login dan akan dibawa ke halaman ujian. Pada halaman ujian silahkan membaca peraturan dan tata cara ujian terlebih dahulu dengan meng-klik tombol Peraturan dan Tata Cara. Pada halaman tersebut berisi tentang tata tertib, sanksi, dan peraturan lain. Setelah memahami klik tombol Awal untuk masuk ke halaman informasi peserta.

simulasi cat online tes cpns 2014

Sebelum memulai ujian ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Waktu ujian yang disediakan hanya 15 menit untuk menjawab semua soal.
  • Terdiri dari 30 soal.
  • Soal tersebut terbagi menjadi tiga yaitu: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  • Soal yang telah dijawab ditandai dengan warna hijau sedangkan soal yang belum dijawab akan ditandai dengan warna merah.

Masih di halaman yang sama, untuk memulai ujian cukup klik tombol Mulai Ujian dan akan dibawa ke halaman ujian. Setiap soal merupakan pilihan ganda dengan empat atau lima pilihan jawaban. Cukup meng-klik salah satu opsi yang Anda yakini dan klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke soal berikutnya. Apabila ada soal yang belum bisa dijawab cukup klik tombol Lewatkan soal ini.

simulasi cat online tes cpns 2014

Ujian akan otomatis selesai bila sisa waktu telah habis. Sedangkan apabila Anda telah selesai menjawab soal namun masih ada sisa waktu cukup meng-klik tombol Selesai Ujian yang berada di pojok kanan atas dan akan muncul halaman yang menampilkan hasil ujian. Simulasi ini dapat Anda lakukan berulang-ulang dan pada setiap simulasi, soal yang diberikan akan berbeda-beda.

Lakukan Simulasi berkali-kali sebab menurut informasi dari akun Twitter resmi CPNS soalnya jauh lebih banyak, dibandingkan soal yang terdapat dalam simulasi Test CPNS 2014. (techinasia/Deny)


Tirto.ID
Loading...

Komentar