Ini Efek Buruk Jika Anda Sering Tak Fokus Saat Bicara Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Efek Buruk Jika Anda Sering Tak Fokus Saat Bicara Pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tak jarang ditemui orang tua yang tak menganggap penting menanggapi cerita atau pembicaraan dengan serius. Seperti, ketika anak bercerita mengenai apa yang dia lihat dan ditemukan, kemudian sang Ibu atau Ayah hanya meresponnya dengan angukan kepala dan mengerjakan hal lain. Dan Hal tersebut tidak hanya terjadi atau dua kali tapi berulang.

Perlu Anda ketahua bahwa sebenarnya ketika orang tua mengerjakan hal lain dan tak fokus pada anak yang mengharapkan perhatian dan respon, hal tersebut akan sangat membekas di ingatan sang buah hati.

Efek buruk lain yang timbul adalah seperti yang disampaikan oleh Seorang psikolog, Anastasia Edward.

“Anak bisa jadi malas bercerita bahkan hal yang sangat penting. Mereka juga kehilangan rasa segan pada orangtua dan merasa tak dihargai. Seperti juga orang dewasa yang tak ditanggapi oleh lingkungannya.”

Efek buruk yang juga sangat mungkin terjadi adalah saat orangtua mengajak bicara, anak juga bakal tak fokus mendengarkan. Ia akan sambil mengerjakan hal lain atau terlihat mendengarkan tapi pikirannya tak fokus.

” Penting untuk memandang mata anak saat ia berbicara. Menggendongnya agar mata kita sejajar atau posisikan tubuh agar kita bisa melihat matanya saat ia berbicara. Hal ini mengajarkannya untuk menghargai orang lain dan untuk fokus mendengarkan,” ungkap Edward.

Dengan demikian, Moms dari sekarang, usahakan untuk fokuskan pikiran serta tubuh saat anak mengajak berbicara. Bila Anda terbiasa melakukannya, anak juga akan menirunya. Buah hati pun jadi lebih mudah diajak berdiskusi.

Nikmatilah tiap percakapan dengan anak, terutama balita. Pasalnya, akan datang masa di mana anak akan lebih banyak berbicara pada teman-temannya dibanding orangtuanya

Demikian hal yang perlu diperhatikan mengenai efek yang akan timbul bila Anda tidak fokus saat bicara pada anak. Semoga Bermanfaat
(dream.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.