Ini Fungsi Sensor Mundur pada Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Ini Fungsi Sensor Mundur pada Mobil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era teknologi yang semakin canggih, kini mobil keluaran terbaru telah banyak disematkan fitur keamanan dan keselamatan. Salah satunya adalah sensor parkir atau yang dikenal dengan .

Lantas, apa kegunaan sensor mundur?. Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, menerangkan, perangkat elektronik yang menempel di belakang mobil tersebut berfungsi memberi tanda kepada pengemudi. Lebih tepatnya, sebelum mobil menyentuh atau menabrak bagian yang tidak terlihat dari kabin.

“Semakin mobil mendekati objek (tembok atau bidang pembatas, red), sensor akan memberi tanda dengan mengeluarkan suara. Nantinya, suara akan semakin keras jika mobil makin dekat dengan objek di belakangnya,” ujar Herry.

Selain itu, perangkat ini juga sangat membantu untuk pengemudi dengan tingkat feel yang kurang baik. Terutama ketika harus memarkir kendaraan di tempat yang sempit.

Lebih lanjut Herry menjelaskan, sensor parkir mobil sangat beragam dan sudah canggih pada saat ini. Bahkan ada yang dilengkapi dengan kamera. Normalnya, sensor akan berbunyi mulai jarak 1,5 meter dan akan mengeluarkan bunyi berulang-ulang dengan cepat. Jarak terdekat dengan objek adalah 0,5 meter. Di jarak tersebut sensor akan mengeluarkan bunyi tanpa terputus.

Di tahap itu, pengemudi harus lebih waspada dan mulai meletakkan posisi kaki di pedal rem. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.