Ini Jenis Makanan Sehat yang Bisa Bikin Gigi Anak Anda Kuat

Avatar of PortalMadura.com
Ini Jenis Makanan Sehat yang Bisa Bikin Gigi Anak Anda Kuat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sehat, tidak terkecuali dengan kesehatan giginya. Karena biasanya anak lebih menyukai makanan yang manis dan hal tersebut tentu bisa merusak mereka.

Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda harus memberikan makanan yang sehat dan juga bisa menguatkan gigi buah hati Anda. Ada banyak makanan sehat yang bisa Anda berikan pada anak Anda agar giginya kuat.

Berikut varian makanan dan buah sehat yang bisa dikonsumsi buah hati Anda:

Jeruk, Kiwi, Stroberi, dan Paprika
Ada beberapa tipe bakteri di dalam mulut anak, dan beberapa dari mereka bisa menyebabkan gingivitis, yaitu tahap pertama penyakit gusi.

Vitamin C di dalam buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, pepaya, dan stroberi membantu membunuh bakteri ini sekaligus meningkatkan pasokan kolagen dalam gusi.
Sayuran yang juga sehat untuk gusi dan gigi anak adalah, paprika merah, kuning, atau oranye, tomat dan ubi jalar.

Namun dokter gigi mengatakan, anak setidaknya harus menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi setelah makan makanan atau minuman yang mengandung citrus. Ini karena citric acid di dalam buah bisa secara sementara melemahkan enamel gigi dan membuatnya lebih rentah erosi akibat menyikat gigi.

Susu, Yoghurt, dan Keju
Karbohidrat berkanji seperti roti, kentang, dan pasta mengurai menjadi gula. Gula ini memberi makan bakteri jenis lain di mulut yang bisa menyebabkan asam penyebab gigi anak berlubang.

Ketika anak minum susu atau yoghurt dan memakan keju yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfor akan meningkatkan kadar pH di mulut, dan menurunkan kadar asam, serta mengurangi risiko gigi berlubang, ujar Ray J. Jurado, DDS, direktur kesehatan gigi anak di Children's Memorial Hospital di Chicago, AS.

Kalsium juga bermanfaat untuk beberapa hal lain, yaitu berbaur dengan plak dan menempel di gigi, terus melindungi gigi dari asam yang tertinggal. Kalsium juga memperbaiki enamel yang sudah rusak dan menguatkan tulang yang ada dalam gigi, membuat menjadi lebih tahan terhadap penyakit periodontal nantinya. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.