Ini Manfaat Rutin Konsumsi Air Garam Hangat Setiap Pagi

Avatar of PortalMadura.com
Ini Manfaat Rutin Konsumsi Air Garam Hangat Setiap Pagi
Ini Manfaat Rutin Konsumsi Air Garam Hangat Setiap Pagi

PortalMadura.Com – Mungkin Anda sudah pernah mendengar kalau minum air lemon tiap pagi bisa memberi banyak manfaat. Tapi bagaimana dengan air garam?.

Garam, bumbu masakan utama ini tidak hanya menggurihkan makanan namun juga menyehatkan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan minum air garam di pagi hari. Namun, pembuatan air garam ini juga ada aturannya.

Salah satu cara mengonsumsi garam yang tepat adalah dengan mencampurkan garam dengan secangkir air hangat. Ion positif yang terdapat dalam air garam tersebut akan mengelilingi ion negatif dari molekul air dan begitu juga sebaliknya.

Kondisi ini menciptakan struktur baru yang mengandung muatan listrik sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Sehingga air garam hangat ini menyimpan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Pagi hari, saat Anda bangun tidur adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati air garam hangat.

Anda juga dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjadikan kebiasaan minum air garam hangat ini jadi rutinitas harian Anda.

Baca Juga:  8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Rutin Konsumsi Air Garam Hangat Setiap Pagi

Melansir dari thealternativedaily.com, berikut lima manfaat mengonsumsi air garam hangat di pagi hari:

Membantu Pencernaan

Air garam berfungsi untuk mengaktifkan kelenjar air liur di dalam mulut dengan melepaskan amilase. Langkah awal ini sangat penting bagi pencernaan.

Dalam perut, garam alami akan merangsang asam klorida dan protein (enzim pencernaan). Keduanya baik untuk membantu usus dalam memecah makanan.

Hal ini juga merangsang sekresi di saluran usus dan hati yang membantu pencernaan. Sehingga mengonsumsi air garam hangat secara teratur dapat membantu keteraturan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Mengurangi Peradangan

Pada dasarnya tubuh manusia hanya membutuhkan sekitar 1,5 sendok teh (sekitar 8gr) garam sehari. Jika kita tidak mengonsumsi jumlah garam yang cukup, maka tubuh akan mengalami krisis garam yang dikenal dengan istilah natrium-sparing. Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Baca Juga:  Ciri-ciri dan Tata Cara Cek kesehatan Mental yang Aman

Asupan garam rendah akan menyebabkan enzim renin dan hormon aldosteron meningkat pesat. Jika hal ini berlanjut terus, kadar renin dan aldosteron yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan peredaran darah. Hal ini juga meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Membantu Tidur Nyenyak

Kandungan mineral dalam garam memberikan efek menenangkan bagi sistem saraf. Garam dikenal dapat mengurangi kortisol dan adrenalin. Keduanya merupakan hormon stres. Sehingga, mengonsumsi air garam hangat mampu membantu tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu, air garam hangat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi secara alami. Air garam juga merupakan antibakteri alami sehingga membantu tubuh membersihkan tubuh dari bakteri berbahaya.

Kesehatan Tulang

Teori populer terkait dengan osteoporosis dan gangguan tulang lainnya adalah bahwa tubuh menggunakan kalsium dan mineral lainnya untuk bertahan hidup dan menetralkan keasaman dalam darah.

Baca Juga:  5 Manfaat Telur Asin yang Perlu Kamu Ketahui Bagi Kesehatan

Karena air garam hangat kaya akan mineral sehat alami dan memiliki efek alkalinizing, maka air garam diduga mampu membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Kecantikan Kulit

Garam secara alami mengandung mineral yang dapat membantu kulit terlihat cerah dan terasa lebih baik. Kandungan chromium dalam garam membantu melawan jerawat dan mengurangi infeksi kulit. Kandungan sulfur membuat kulit bersih dan halus, mengatasi kulit kering, eksim dan ruam.

Tidak hanya itu, kandungan seng di dalamnya membantu penyembuhan luka lebih cepat, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatur aktivitas kelenjar minyak.

Tidak kalah dengan nutrisi lainnya, yodium dalam garam membantu tubuh meningkatkan konsumsi oksigen dan tingkat metabolisme kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.