oleh

Ini Video Tari Muang Sangkal di Kontes D’Academy 2 Indosiar

PortalMadura.Com – Tari Muang Sangkal diberi kesempatan untuk tampil di acara kontes Dangdut Academy (D’Academy) 2 yang disiarkan langsung oleh Stasiun Televisi Indosiar, Selasa malam (24/3/2015).

Binaan Sanggar Jokotole tersebut menampilkan lima orang penari. Tari Muang Sangkal biasanya dipersembahkan saat penyambutan tamu agung.

Tari Muang Sangkal merupakan salah satu icon seni tari di Sumenep. Kostum yang digunakan yakni kostum pengantin ‘legha’ khas Sumenep.

Warna kostum adalah merah dan kuning, perpaduan warna itu mengandung filosofi “kapodhang nyocco’ sare” yang mempunyai makna “Rato pareppa’na bunga” (Raja sedang bahagia).

Tarian tersebut juga mengandung makna untuk membuang (muang) sengkala (sangkal).

Tari Muang Sangkal sengaja ditampilkan sebagai upaya prmomosi wisata dan seni-budaya yang dimiliki Kabupaten Sumenep.

“Melalui kontes D’Academy 2, memang sengaja Tari Muang Sangkal ditampilkan,” kata Busyro yang juga hadir dalam acara D’Academy 2 di Stasiun Televisi Indosiar, Jakarta.

Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep Nurfitriana Busyro Karim menambahkan, kehadirannya di acara kontes D’Academy 2 Indosiar juga mensupport salah satu peserta D’Academy 2 asal Sumenep.

“Saya ikut bangga karena peserta dari Sumenep ada yang mempunyai talenta sangat bagus di Dangdut Academi 2. Saya hadir untuk mensupport, Irwan,” katanya.

Berikut video Tari Muang Sangkal yang tampil di kontes Dangdut Academy (D’Academy) 2 di Stasiun Televisi Indosiar.(Hartono)

https://youtu.be/gBsBc5J0Ir0


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.