Ini yang Dilakukan Rasulullah Saat Makanan yang Tersaji Tak Sesuai Selera

Avatar of PortalMadura.Com
Ini yang Dilakukan Rasulullah Saat Makanan yang Tersaji Tak Sesuai Selera
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyaknya penjaja kuliner di berbagai tempat, mulai dari restoran, cafe, warung kaki lima atau bahkan sekarang yang lebih populer kuliner online menjadikan trend tersendiri di kalangan anak muda.

Salah satu caranya yaitu itu dicoba setelah itu di posting ke media sosial, sehingga memunculkan berbagai komentar. ada komentar postif, negatif, kritik dan saran. Tapi tidak sedikit juga mencela makanan tersebut.

Padahal, meskipun Anda tidak suka pada makanan itu, Anda harus tetap mensyukuri karena itu nikmat dari Allah SWT, bukan malah mencelanya. Terlepas makanan itu merupakan makanan selera Anda atau bukan.

Dalam hal ini Anda perlu meneladani sikap Rasulullah SAW terhadap makanan. Beliau tidak pernah mencela makanan. Apabila makanan yang dihidangkan beliau suka, maka beliau menyantapnya. Sedangkan sikap beliau saat menghadapai jamuan yang tidak menarik hati, beliau tidak mengambilnya dan tidak berkomentar.

Dalam sebuah hadits, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah sama sekali tidak pernah mencela makanan. Kalau beliau menyukainya, maka akan beliau makan. Dan jika tidak menyukainya, beliau Tinggalkan”. (HR al-Bukhâri dan Muslim).

Bagi Rasulullah SAW, perkara makanan adalah masalah yang sangat sederhana. Kalau ada makanan beliau makan, jika tidak ada beliau akan puasa. Rasulullah tidak pernah meminta dimasakkan makanan yang aneh-aneh kepada istri-istrinya.

Ketika tidak ada makanan yang manarik selera Rasulullah SAW, beliau hanya meminta cuka. Cuka itu ditambahkan ke makanan, lalu beliau memakannya.

Terdapat suatu riwayat, beliau bertanya kepada keluarganya tentang lauk yang tersedia. Keluarga beliau menjawab: “Kami tidak mempunyai apa-apa kecuali cuka,” maka beliau meminta untuk disediakan dan mulai menyantapnya.

Lantas berkata: “Sebaik-baik lauk adalah cuka. Sebaik-baik lauk adalah cuka”. [HR Muslim]. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.