oleh

Ini yang Lebih Aman Antara VPN dan Cloudflare DNS

PortalMadura.Com – Pembatasan media sosial oleh pemerintah baru-baru ini tentu bikin beberapa media sosial menjadi lambat untuk diakses terutama dalam mengunduh atau meng-upload foto.

Adanya Virtual Private Networks (VPN) yang digunakan sebagian masyarakat, mereka bisa membuka media sosial yang dibatasi. Namun tahukah Anda selain VPN, ada aplikasi lain yang dapat digunakan yakni 1.1.1.1 yang merupakan DNS yang dirilis Cloudflare.

Perlu Anda ketahui, 1.1.1.1 dan VPN merupakan lalu lintar DNS melalui server aplikasi. Keduanya melewati ISP pengguna dan mencegah siapa pun melihat lalu lintas Anda.

Meski demikian, terdapat perbedaan dari kedua aplikasi tersebut. VPN merupakan jaringan yang mengenkripsi semua lalu lintas yang mengalir melaluinya, termasuk HTTP dan HTTPS.

Server VPN bertindak sebagai server perantara di lokasi yang dipilih. Ini tidak hanya mengenkripsi lalu lintas tetapi juga menyamarkan lokasi sebenarnya sehingga pengguna dapat menjelajahi internet seolah-olah berada di negara/tempat yang berbeda. Tetapi, enkripsi tambahan yang digunakan dan jarak koneksi ke server jauh yang lebih jauh dapat membuat koneksi VPN lebih lambat.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Bahaya Gunakan Aplikasi VPN Gratis di Smartphone

Sementara itu, 1.1.1.1 tidak melakukan hal tersebut. Cloudflare 1.1.1.1 membuat koneksi lebih cepat. Namun, ada juga VPN yang menawarkan kecepatan. Antara VPN dan Cloudfare menjadi sulit dibedakan.

Lantas, manakah yang lebih baik dalam melindungi privasi? 1.1.1.1 bisa dirasa lebih cepat dan melindungi pengguna dari para ‘pengintai’.

Namun, jika Anda menyembunyikan semua lalu lintas dan bersedia membayar maka pilihlah VPN yang bagus dan berbayar.

Itulah perbedaan VPN dan Cloudflare 1.1.1.1. Bijaklah dalam menggunakan setiap aplikasi yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat


Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber : okezone.com

Komentar