Inilah 2 Olahraga yang Tepat Dilakukan Penderita Asma

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 2 Olahraga yang Tepat Dilakukan Penderita Asma
Inilah 2 Olahraga yang Tepat Dilakukan Penderita Asma

PortalMadura.Com merupakan salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk tetap sehat dan bugar. Akan tetapi bagi penderita , aktivitas ini sangat dikhawatirkan lantaran bisa kambuh secara tiba-tiba.

Jadi sebelum hendak melakukan olahraga, seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma perlu memerhatikan beberapa hal agar penyakitnya tidak kambuh. Baca: Penderita Asma, Ini 5 Cara Tepat dan Aman Jika Ingin Berolahraga

Olahraga

Nah, apabila penderita asma ingin berolahraga, berikut ini dua olahraga yang tepat dan aman dilakukan:

Berjalan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan asma yang berjalan 3 kali seminggu selam 12 minggu berturut-turut mampu mengontrol asma yang mereka derita sekaligus meningkatkan kebugaran tanpa memicu serangan tiba-tiba.

Berjalan selama 30 menit per hari juga sangat baik, dengan waktu 5 menit mengatur pemanasan dan pendinginan. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, bisa berjalan cepat selama 5 menit sekali dalam kurun waktu 30 menit.

Yoga

Jika bicara tentang melatih pernapasan dengan baik, maka olahraga yoga tidak bisa dilewatkan. Bukan hanya melatih fleksibilitas tubuh, yoga juga melatih pernapasan yang sangat baik untuk para penderita asma.

Karena, berlatih pernapasan bisa memperbanyak kapasitas paru-paru.

Penelitian menunjukkan, orang yang melakukan latihan yoga dua setengah jam seminggu selama 10 minggu mampu menurunkan ketergantungan pengobatan terhadap asma. Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan melakukan Tai Chi dan meditasi.

Jadi, jika khawatir dan bingung mau melakukan olahraga karena Anda punya penyakit asma, maka dua berjalan santai dan yoga adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA: 5 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda dengan baik. Karena, lebih baik mencegah daripada mengobati.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.