Inilah 3 Cara Agar Buah Hati Sukses di Masa Depan

Inilah 3 Cara Agar Buah Hati Sukses di Masa Depan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjadi orang tua adalah pekerjaan full time dan tidak pernah menjadi mudah. Karena orang tua bertanggung jawab atas tumbuh kembangnya anak. Jika anak tumbuh menjadi orang yang dewasa, mandiri, sopan dan taat pada orang tua, maka orang tua mana yang tidak bangga.

Kesuksesan memang merupakan harapan dan do’a semua orang tua terhadap si buah hatinya. Namun Anda perlu tau berdo’a dan berharap tidak cukup untuk memberikan bekal pada anak.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, salah satunya mengenai cara Anda berbicara pada Anak. Berikut ini ada 3 cara berbicara yang dapat menentukan masa depan anak Anda :

Pola Pikir Berkembang
Hampir setiap waktu, perbedaan antara menanamkan pola pikir berkembang atau mindset hampir sangat tidak kentara. Keduanya dapat melibatkan pujian tetapi pola pikir berkembang memasukan satu nilai pada proses belajar, sementara pola pikir tetap pada hasil belajar.

Pola pikir berkembang menciptakan gairah untuk belajar. Penekanan pada kemampuan anak bukan pada seberapa pintar dan cerdasnya mereka. Berikut contohnya. “Kamu mendapat jawaban yang benar, diselesaikan dengan baik. Kamu bekerja sangat keras untuk memahami itu dan Kamu melakukannya”, atau,”Selesai dengan baik! Bagaimana kalau kamu mencoba teka-teki yang lebih menantang? Saya rasa kamu bisa melakukannya!”

Mengapa Pola Pikir Berkembang Sangat Penting
Dr Carol Dweck adalah pelopor terkemuka dalam penelitian pola pikir di Stanford University dan percaya bahwa pola pikir berkembang sangat penting sebagai dorongan, keyakinan dan pada akhirnya, kesuksesan. Ketika seorang anak mencoba untuk melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, pikiran mereka tidak terikat dengan seberapa baik mereka melakukan tugas atau seberapa pintar mereka.

Dweck dan rekan melakukan penelitian yang melibatkan anak-anak kelas VII yang memulai tahun ajaran mereka dengan skor tes hampir identik. Semua anak dievaluasi untuk tanda-tanda pola pikir berkembang atau mindset tetap. Selama dua tahun, ada perbedaan yang konsisten di kelas antara kedua kelompok.

Ternyata anak-anak dengan pola pikir tetap memiliki tujuan yang jelas berbeda. Mereka lebih rentan terhadap menghindari tugas-tugas yang mungkin menunjukkan kekurangan dalam diri mereka, sementara anak-anak dengan pola pikir berkembang memiliki keyakinan bahwa kecerdasan dapat dikembangkan dan karena itu belajar hal-hal baru walaupun memerlukan biaya.

Kapan Anda Harus Memulai Menanamkan Pola Pikir Berkembang?
Studi menunjukkan bahwa tidak ada kata terlalu dini atau terlalu terlambat untuk mendorong pola pikir anak. Sebagian besar anak-anak secara alami memiliki pola pikir berkembang, tapi umpan balik yang Anda berikan kepada mereka memiliki pengaruh besar, apakah ini berubah menjadi mindset tetap. Sebagai orang tua, Anda sangat bersemangat untuk memuji anak-anak Anda, tetapi kadang-kadang tidak menyadari bagaimana anak Anda menafsirkan umpan balik tersebut.

Jelas, waktu yang optimal untuk mendorong timbulnya pola pikir berkembang adalah dari mulai anak mengembangkan pemahaman bahasa, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada harapan untuk anak-anak dapat dengan mudah diperkenalkan dan dipraktekkan nanti.

Sebagian besar anak-anak memiliki kombinasi pertumbuhan dan pola pikir tetap tentang beberapa hal yang berbeda tergantung pada pengalaman, tapi sebagai orang tua, Anda dapat membantu untuk mendorong pola pikir berkembang dengan kata-kata hati-hati, dukungan dan optimisme  demi mewujudkan masa depan yang sukses. (liputan6.com/Nia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.