oleh

Inilah 3 Langkah Jitu Merawat Layar Sentuh Gadget Agar Awet

PortalMadura.Com – Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, layar sentuh pada gadget sudah semakin populer saja dikalangan masyarakat. Semakin banyak perusahaan gadget yang memproduksi, semakin banyak pula penggunanya.

Semua kalangan rata-rata bisa menjangkau penggunaan gadget. Karena layar sentuh ini tidak hanya ada pada harga yang jutaan tetapi untuk harga yang dibawah satu juta pun juga banyak.

Walaupun gadget semakin canggih, tapi tidak menutup kemungkinan Anda harus melupakan perawatannya. Karena biasanya layar sentuh rawan dengan yang namanya goresan ataupun benturan. Perawatan dan pemakaian yang salah memungkinkan terjadi kerusakan pada gadget Anda.

Lantas, bagaimana caranya agar layar sentuh tetap awet? Simak caranya dibawah ini:

Gunakan Pelindung
Mencegah layar tergores, gunakan pelindung atau screen guard pada smartphone atau tablet anda. Pelindung layar tersebut sebaiknya dipasang sejak awal, sehingga tampilan layar aslinya tetap terjaga.

Selain itu, sebaiknya hindari sinar matahari langsung saat mengoperasikan gadget. Karena hawa panas sinar matahari dapat menggangu pengoperasian gadget. Jangan diletakan di dekat perangkat listrik lain. Karena, pelepasan muatan selektrostatis dapat merusak layar.

Jangan pula meletakan gadget diarea yang lembab dan dekat benda lain yang bermuatan magnet. Gadget yang terlalu lembab potensi rusak lebih besar, sedangkan magnet dapat mengurangi sensifitas layar. Tidak boleh menyimpan gadget disaku celana, karena layar rawan tergores permukaan kain yang kasar.

Mengoperasikan
Saat mengoperasikan gadget, usahakan tangan bersih dan kering. Pastikan menggunakan ujung jari tangan saat menyentuh dan tidak berlebihan menekannya. Hindari penggunaan kuku atau benda tajam lain pada layar. Bila bagian luar layar retak, hendaknya layar jangan disentuh, karena kalau disentuh dapat merusak LCD.

Bersihkan Layar
Bila smartphone berdebu atau kotor, jangan membersihkan layar dengan handuk atau kertas biasa. Menurut Bredon Lewis dalam situs daily tips, ada beberapa langkan untuk membersihkan layar. Gunakan kain microfiber bersih dan kering untuk membersihkan debu yang menempel.

Selanjutnya, basahi kain dengan sedikit air atau cairan pembersih khusus, kemudian seka seluruh permukaan layar tanpa menekan. Langkah terkahir, ambil bagian kain microfiber kering untuk membuat permukaan layar benar-benar bersih. Seka permukaan dengan gerakan melingkar, dan pastikan juga smartphone sudah dimatikan terlebih dahulu.

Jadi, penggunaan dan perawatan yang benar pada gadget layar sentuh maka kemungkinan besar akan awet dan berfungsi dengan baik. Selamat mencoba ya kawand. (viva.co.id/Putri)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...