oleh

Inilah 3 Manfaat Mengejutkan Kerokan Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Kerokan merupakan sebuah terapi yang sampai sekarang ini masih populer dikalangan masyarakat Indonesia. Pengobatan tradisional ini menjadi alternatif untuk mengatasi masalah penyakit seperti pegal-pegal, mual dan nyeri pada tubuh.

Alat yang biasanya digunakan untuk kerokan, yaitu berupa koin, bawang merah atau bawang putih. Selain alat bantu tersebut, istilah “kerokan” juga membutuhkan cairan sebagai pelicin berupa minyak telon, minyak olive, minyak kelapa dan lotion.

Manfaat kerokan ini dirasa sangat ampuh untuk mengatasi masuk angin. Namun, sebagian orang modern menyangka kerokan tidak bagus, karena bisa merusak jaringan kulit dan sederet minus lainnya.

Akan tetapi pada Tahun 2003-2005, seorang profesor dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Didik Gunawan Tamtomo, meneliti masalah kerokan bagi kesehatan. Hasilnya cukup mengejutkan! Kerokan memiliki banyak manfaat yang tidak diduga.

Berikut tiga manfaat kerokan bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Kerokan ternyata Tidak Merusak Kulit
Berdasarkan penelitian Profesor Didik, kerokan hanya memperlebar pembuluh darah, namun tidak membuatnya pecah. Pelebaran pembuluh darah ini berfungsi untuk membuat aliran darah lancar.

Selain itu, kerokan juga bisa menambah oksigen dalam darah. Hal ini sama halnya pada saat luluran di salon-salon kecantikan.

Meningkatkan Endorfin atau Rasa Rileks
Orang yang habis kerokan kadar endorfinnya naik secara signifikan. Hal ini tentu membuat seseorang makin nyaman, rasa sakit hilang, lebih segar, dan bersemangat.

Kadar Prostaglandin Turun
Prostaglandin merupakan zat yang bisa menyebabkan nyeri otot. Jika zat ini turun maka nyeri otot pun berkurang. Setelah badan dikerok, maka akan terasa lebih baik dari sebelumnya. (bintang.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE