Inilah 4 Nutrisi Terbaik yang Sangat Dibutuhkan si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 4 Nutrisi Terbaik yang Sangat Dibutuhkan si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Asupan makanan yang bergizi sangat penting untuk anak agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Karena itu, pastikan bahwa menu yang disajikan bagi si kecil memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Pasalnya, pada saat proses pertumbuhan serta perkembangannya, anak-anak membutuhkan nutrisi tertentu untuk membantunya. Namun, apakah Anda mengetahui apa saja nutrisi tersebut?.

Berikut empat nutrisi yang sangat dibutuhkan anak Anda:

Vitamin
Vitamin yang bisa Anda berikan pada anak, yaitu  Vitamin A (untuk melindungi tubuh dari infeksi dan sangat penting bagi pertumbuhan tulang dan penglihatan. Vitamin ini terdapat pada buah pepaya, wortel, brokoli, dan tomat).

Selain itu, anak juga memerlukan Vitamin C untuk memperbaiki dan membentuk tulang, jaringan tubuh serta sel darah merah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa berasal dari jeruk, mangga, stroberi, jambu, dan brokoli.

Vitamin D pun sangat dibutuhkan untuk membentuk gigi dan tulang yang kuat, membantu tubuh menyerap berbagai mineral, dan terpenting dapat membantu mencapai pertumbuhan massa tulang dengan maksimal. Vitamin ini bisa didapatkan dari ikan salmon, mentega, dan kuning telur).

Jangan ketinggalan juga Vitamin E untuk pelengkap , sebagai vitamin yang mampu mengurangi produksi radikal bebas, baik untuk kesehatan kulit, dan proses metabolisme tubuh. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, minyak kedelai, buah kiwi, brokoli, dan biji bunga matahari untuk tubuh anak agar bisa mendapatkan vitamin E tersebut.

Zat Besi
Zat besi sangat penting ada di dalam tubuh anak, karena dengan nutrisi ini bisa membuat hemoglobin, pigmen darah pengangkut darah, dan myoglobin, serta pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot.

Jadi anak tidak mudah lemas, lelah, dan kekurangan darah (sakit anemia). Anak Anda bisa mendapatkan nutrisi zat besi ini dengan memberikannya daging merah, ikan, kuning telur, dan sayur bayam.

Zinc (seng)
Sumber nutrisi zinc bisa mudah anak Anda dapatkan dengan memberikannya cokelat hitam, kuning telur, keju, dada ayam tanpa kulit, kepiting, bayam, dan daging merah.

Dengan begitu, ada lebih dari 70 enzim yang dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme yang sangat penting bagi pertumbuhan anak Anda.

Kalsium
Untuk bisa membentuk tulang dan gigi yang kuat, tubuh Anak Anda butuh nutrisi yang namanya kalsium. Bukan hanya itu saja, kalsium dapat membantu menyehatkan saraf dan fungsi otot, membantu pembekuan darah, dan dapat mengubah makanan menjadi energi.

Nutrisi kalsium ini, mudah anak Anda dapatkan dengan memberikannya yogurt tawar atau buah yang rendah lemak, puding, dan susu. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.