Inilah 5 Gaya Hidup Sehat Untuk Menjaga Kesuburan Rahim Wanita

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Gaya Hidup Sehat Untuk Menjaga Kesuburan Rahim Wanita
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki keturunan dalam sebuah perkawinan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Dengan kehadiran seorang anak maka akan melengkapi dan semakin menumbuhkan kebahagiaan. Seringkali terjadi perpecahan dalam rumah tangga akibat tidak kunjung memiliki keturunan.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu fertilitas atau kesuburan setiap pasangan akan sangat berpengaruh karena peluang mendapatkan keturunan tentu akan lebih besar tercapai pada pasangan yang kedua-duanya subur.

Bagi sang istri terutama, menjaga kesuburan rahim sangat penting karena di sinilah nanti calon buah hati akan bersemayam dan tumbuh sebelum lahir ke dunia. Berikut ini adalah beberapa untuk membuat rahim tetap sehat dan subur.

Mempertahankan berat badan ideal

Berat badan sangat berpengaruh bagi dalam proses ovulasinya, dan wanita dengan berat badan ideal akan mengalami proses ovulasi yang lebih normal dibandingkan dengan wanita yang terlalu kurus atau justru yang obesitas. Wanita yang sulit mempertahankan berat badan ideal biasanya akan berpengaruh pada ketidakteraturan siklus menstruasi sehingga kesuburannya pun bisa terganggu. Jadi, agar kesuburan rahim Anda tetap terjaga, jangan lalai memperhatikan pola makan Anda, calon bunda!

Makanan organik

Mulai sekarang perhatikan jenis buah dan sayuran yang Anda konsumsi sehari-hari apakah tergolong bahan pangan yang menggunakan pestisida dan insektisida dalam proses pertumbuhannya ataukah tidak. Bagaimana pun juga bahan makanan organik jauh lebih dianjurkan karena lebih sehat dan Anda terhindar dari efek buruk pestisida dan insektisida yang dapat mengganggu keseimbangan hormon progesteron pada wanita.

Hormon progesteron adalah hormon yang berpengaruh pada pematangan sel telur sekaligus menyiapkan dinding rahim untuk menyambut terjadinya kehamilan. Bila kinerja hormon progesteron ini terganggu akibat pestisida maka kehamilan juga sulit terjadi. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa xenoestrogen yang terkandung pada beberapa jenis pestisida juga berbahaya bagi hormon-hormon reproduksi wanita.

Pola makan sehat

Tidak pernah ada ruginya memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, karena bila nutrisi bagi tubuh terpenuhi dengan baik maka seluruh organ tubuh kita, termasuk organ reproduksi juga akan menjalankan fungsinya dengan baik. Bagi Anda yang sedang menyiapkan diri untuk memiliki buah hati dengan menjaga kesuburan rahim, sebaiknya perbanyaklah porsi sayuran dan buah organik yang kaya mineral dan vitamin, biji-bijian yang mengandung lemak esensial, ikan, dan susu atau aneka produk susu.

Menghindari stres

Stres akibat tuntutan untuk segera memiliki momongan justru tidak akan membantu Anda untuk segera mewujudkan keinginan tersebut. Stres akan memicu kekacauan kinerja hormon-hormon reproduksi sehingga mengganggu proses ovulasi. Untuk itu bersabarlah sambil tetap melakukan usaha-usaha tersebut di atas untuk menjaga kesehatan rahim Anda. Perbanyaklah  kegiatan yang bisa membuat Anda lebih relaks seperti olahraga, rekreasi, yoga, atau meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan.

Jaga kesehatan organ intim

Selain menjaga kesuburan rahim, untuk mempercepat proses kehamilan Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan organ vagina Anda dapat menerima sperma dengan baik. Jaga kebersihan organ intim dengan menerapkan cara membasuh yang benar setelah buang air dan jangan lupa untuk mengenakan celana dalam katun yang menyerap keringat dan sejuk. Hindari segala jenis pewangi atau semprotan bagi organ intim Anda agar tidak terjadi iritasi atau reaksi yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri baik pada area pribadi Anda tersebut. Anda juga sebaiknya menggunakan pembalut berbahan kapas murni untuk menghindari terjadinya alergi akibat bahan pemutih pada pembalut biasa.

Nah, tak sulit bukan menjaga kesuburan rahim kita dengan gaya hidup sehat? Selamat mencoba! (supayacepathamil.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.